Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ada 1.724 TPS Rawan di Kota Semarang

SEMARANG, Jowonews.com — Data dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang mencatat 1.724 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Lunpia ini masuk dalam kategori TPS rawan dalam Pemilu 2019.

Komisioner Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti mengatakan data ini berdasarkan dari identifikasi yang telah dilakukan Bawaslu Kota bersama 10 Indikator servei dengan melibatkan 4.252 Pengawas TPS se Kota Semarang.

“1724 TPS yang masuk dalam kategori rawa84n ini akan mendapat perhatian secara khusus, dengan cara akan kami lakukan pengawasan secara serius dengan melibatkan seluruh jajaran Panwas Kecamatan, Panwas Kelurahan hingga seluruh pengawas TPS yang ada di masing-masing TPS tersebut”, ujarnya Selasa (16/04).

Nining melanjutkan, sebaran indikator TPS rawan yaitu dengan melakukan penilaian adanya Pemilih DPTB sejumlah 1.448 TPS, Pemilih DPK sebanyak 235 TPS, dekat dengan Rumah Sakit 38 TPS, dekat dengan Perguruan Tinggi 94 TPS, dekat dengan Lembaga Pesantren/Asrama 229 TPS.

“Selain itu ada 5 TPS yang rawan adanya money politic, ada penghinaan di 4 TPS, Akemungkinan KPPS berkampanye 1 TPS, dan adanya TPS dekat dengan Posko/Sekretarian Peserta Pemilu 225 TPS”, bebernya.

Bawaslu Kota Semarang menegaskan akan memantau terus data TPS yang terindikasi rawan karena faktor di lapangan bisa saja berbeda

“Kami menyakini bahwa TPS yang telah teridentifikasi rawan bisa saja menjadi tidak rawan, tetapi yang belum terdata rawan akan menjadi rawan, karena adanya beberapa faktor yang ada di lapangan”, jelasnya.

Disisi lain, data kerawanan TPS ini menjadi sangat penting, karena sekaligus untuk mengukur kewaspadaan jajaran pengawas Kecamatan, Kelurahan hingga pengawas TPS terhadap praktek-praktek politik uang selama masa tenang dan hari pemungutan suara. (jwn5)

BACA JUGA  Teguh Purnomo Sebut Bawaslu Dapat Menerima Semua Aduan Tentang Pemilu Di Tingkat Awal

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...