Jowonews

Logo Jowonews Brown

Adhang-adhang Tetesing Embun

Adhang-adhang Tetesing Embun

Adhang-adhang Tetesing Embun artinya mengharapkan sesuatu dengan hasil seadanya. Pitutur luhur ini ditujukan kepada mereka yang tidak sungguh-sungguh dalam bekerja. Bisa juga diartikan mengharapkan bantuan orang lain seadanya, tanpa mau berusaha sendiri. Hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.

Secara tersirat pitutur luhur ini menegaskan bahwa setiap orang harus bersungguh-sungguh dalam bekerja. Ia harus memperjuangkan cita-citanya tanpa bergantung pada orang lain. Kesungguhan dan tekadnyalah yang membuatnya berhasil. Bantuan orang lain harus disikapi sebagai bentul “mana suka” yang tidak boleh terlalu diharapkan.

Arti dalam bahasa Jawa

Adhang-adhang Tetesing Embun tegese nyana soko karo asil andhap asor. Pitutur luhur iki ditujokake marang wong kang ora serius anggone nyambut gawe. Bisa uga ditegesi ngarepake pitulungan saka wong liya, tanpa pengin nyoba dhewe. Asil ora bakal kaya samesthine.

Secara implisit pitutur luhur iki negesake yen saben wong kudu serius anggone nyambut gawe. Dheweke kudu berjuang kanggo cita-citane tanpa gumantung marang wong liya. Tekad lan tekad sing ndadekake dheweke sukses. Bantuan wong liya kudu dianggep minangka “apa wae sing disenengi” sing ora kudu diarepake.

BACA JUGA  Adigang Adigung Adiguna

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...