Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Adoh Tanpa Wangenan Cedhak Datan Senggolan

Adoh Tanpa Wangenan Cedhak Datan Senggolan

Secara harfiah pitutur luhur Adoh Tanpa Wangenan Cedhak Datan Senggolan dapat diartikan jauh tanpa ukuran dan dekat tidak bersentuhan. Kalau dibahasakan dengan bahasa Indonesia sekarang “jauh di mata dekat di hati”. Ini menggambarkan keberadaan kekasih hati atau orang yang dicintainya. Mereka yang sedang jatuh cinta biasanya akan merasa terus rindu dengan kekasihnnya. Jika kekasih tersebut tidak ada di sisinya, akan terasa betapa jauhnya, meskipun sebenarnya juga sangat dekat karena kekasih tersebut selalu dalam ingatan dan hatinya. Meskipun, kedekatan di hati tetap tidak bisa membuatnya bersentuhan karena tidak ada di dekatnya.

Dalam konteks yang lebih filosofis, pitutur luhur ini sebenarnya menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhan. Sedekat apa pun, setaat apa pun manusia dengan Tuhannya, tetap tidak bisa memegang atau menyentuhnya. Di sisi lain, dalam kodrati kemanusiaannya, Tuhan seperti berada di tempat yang jauh (langit lapis ketujuh), meski sebenarnya sangat dekat. Tuhan ada di hati orang yang beriman.

Arti dalam bahasa Jawa

Secara harfiah pitutur luhur Adoh Tanpa Wangenan Cedhak Datan Senggolan bisa ditegesi adoh tanpa ukuran lan cedhak tanpa kena. Yen saiki dirembug nganggo basa Indonesia, “adoh ing mripat, cedhak ing ati”. Iki nggambarake anané kekasih utawa wong sing ditresnani. Wong sing lagi pacaran biasane bakal ngrasa kangen karo sing ditresnani. Yen kekasih ora ana ing sisihe, mesthine bakal ngrasakake sepira adohe, senajan sejatine cedhak banget amarga kekasih iku tansah ana ing memori lan atine. Senadyan raket ing ati tetep ora bisa digayuh amarga ora cedhak.

Ing konteks kang luwih filosofis, pitutur luhur iki sejatine nggambarake sesambungane manungsa karo Gusti. Senadyan cedhak, senajan manungsa manut marang Gusti, tetep ora bisa nyekel utawa ndemek. Kosok baline, ing alam manungsa, Gusti Allah katon ing panggonan sing adoh (lapisan langit kapitu), sanajan nyatane cedhak banget. Gusti Allah ana ing atiné wong mukmin.

BACA JUGA  Aja Getunan, Terima dengan Ikhlas Apa yang Telah Terjadi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...