Jowonews

Logo Jowonews Brown

Aja Aleman, Pitutur Luhur Agar Tak Jadi Orang Manja

Aja Aleman

Aja Aleman artinya jangan manja. Mereka yang memiliki sifat mana, tidak mau berusaha keras, gampang menyerah, bukanlah sikap yang baik. Ini sikap orang yang tidak mandiri. Sifat manja juga menyebabkan seseorang sangat bergantung pada orang lain. Akibatnya orang tersebut akan mudah patah semangat dan putus asa.

Padahal, zaman terus berkembang dan berubah. Tantangan semakin berat. Kalau orang tetap aleman dan terus-menerus bergantung pada orang lain, bagaimana dia dapat bertahan dalam hidupnya? Filosofi pitutur luhur ini sangat mendalam. Di dalamnya tersirat bahwa setiap orang harus mandiri. Untuk itu diperlukan sikap tidak mudah patah semangat dan pantang menyerah, baik dalam menjalani kehidupan atau mewujudkan cita-citanya.

Arti dalam bahasa Jawa

Aja Aleman tegese aja manja. Sing duwe sipat manja, ora gelem usaha, gampang nyerah, dudu sipat sing apik. Iki sikape wong sing ora merdika. Sipat manja uga njalari manungsa gumantung banget marang wong liya. Akibaté, wong kasebut bakal gampang kenthel lan kendel.

Nanging, jaman terus berkembang lan ganti. Tantangan sansaya angel. Yen wong tetep tenang lan terus-terusan gumantung marang wong liya, kepiye carane bisa urip? Filosofi pitutur luhur iki jero banget. Iki tegese saben wong kudu mandiri. Mula saka iku perlu sikap ora gampang putus asa lan pantang menyerah, ing sajroning urip utawa mujudake impen.

BACA JUGA  Aja Cedhak Kebo Gupak, Berhati-hatilah Memilih Teman

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...