Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Aja Ambeg Siya, Jangan Sewenang-wenang Meskipun Benar dan Berkuasa

Aja Ambeg Siya

Aja ambeg siya artinya adalah jangan sewenang-wenang kepada orang lain, meskipun benar dan berkuasa. Dalam konteks yang lebih luas ini dimaksudkan sebagai nasihat agar kita marah kepada orang, jangan berlebihan dan melampaui batas. Hal tersebut biasanya hanya menunjukkan derajat, pangkat, dan kelebihannya karena tahu dan mengerti tabf dimarahi tidak akan berani atau mampu melawan.

Perilaku yang seperti itu, merupakan perbuatan yang sewenang-wenang. Selain tidak membuat orang yang dimarahi menjadi lebih baik, juga bisa menimbulkan rasa benci dan dendam. Jadi, marahlah sekadarnya dalam batas-batas wajar agar orang yang melakukan kesalahan bisa memperbaiki diri dan tidak mengulangi lagi di masa yang akan datang.

Arti dalam bahasa Jawa

Aja ambeg siya tegese aja sewenang-wenang marang liyan, sanajan bener lan kuwasa. Ing konteks sing luwih jembar iki dimaksudake minangka pitutur supaya kita nesu marang wong, aja keluwih lan ngluwihi wates. Iki biasane mung nuduhake drajat, pangkat, lan kekuwatane amarga ngerti lan ngerti yen dicela ora bakal wani utawa bisa nglawan.

Tumindak kaya mangkono iku sawenang-wenang. Saliyane ora ndadekake wong sing didukani luwih becik, uga bisa nuwuhake rasa sengit lan dendam. Dadi, mung nesu ing watesan sing wajar supaya wong sing nggawe kesalahan bisa nambah awake dhewe lan ora mbaleni maneh ing tembe mburi.

BACA JUGA  Pitutur Luhur Jawa: Agama Ageming Aji

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...