Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Aja Cedhak Kebo Gupak, Berhati-hatilah Memilih Teman

Aja Cedhak Kebo Gupak artinya agar kita berhati-hati dalam memilih teman. Carilah teman-teman yang baik dan lingkungan yang baik, jangan berteman dengan teman yang sudah gupak (belepotan) kesalahan. Misalnya orang yang melanggar aturan atau norma masyarakat, misalnya mereka yang melakukan malima (madat, main. maling, minum, madon) yaitu perbuatan tidak baik berupa hal-hal yang membuat kecanduan (termasuk narkoba), judi, mencuri, mabuk akibat minuman keras, hingga main perempuan.

Apabila denkat dengan orang-orang seperti itu, sangat besar kemungkinan kita untuk terkena peluang melakukan perbuatan buruk tersebut. Seperti yang sering kita dengar, berteman dengan penjual minyak wangi kita juga ikutan wangi, berteman dengan pandai besi kita juga ikut terkena abunya. Hati-hhati dan bijaksana memilih teman sangatlah penting.

Arti dalam bahasa Jawa

Aja Cedhak Kebo Gupak tegese supaya ati-ati ing milih kanca. Golek kanca sing apik lan lingkungan sing apik, aja kekancan karo kanca sing gupak (belepotan) karo kesalahan. Umpaminipun tiyang ingkang nerak pranatan utawi norma-norma masarakat, tuladhanipun tiyang ingkang nindakaken malima (malimat, dolanan, nyolong, ngunjuk, madon) inggih menika tumindak ala ingkang awujud ketagihan (kalebu narkoba), judi, nyolong, mabuk amarga alkohol, kanggo dolanan bocah-bocah wadon.

Yen kita cedhak karo wong-wong sing kaya ngono, kita bakal entuk kesempatan kanggo nindakake tumindak ala kasebut. Kaya sing kerep dirungokake, kekancan karo bakul minyak wangi uga ambune enak, kekancan karo tukang besi kita uga kena awu. Kasebut kanthi teliti lan wicaksana milih kanca iku penting banget.

BACA JUGA  Aja Kumingsung, Jangan Sok Berkuasa

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...