Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Aja Getunan, Terima dengan Ikhlas Apa yang Telah Terjadi

Aja Getunan

Aja Getunan artinya jangan mudah menyesali terhadap sesuatu yang yang tidak dapat diperoleh atau diwujudkan. Sebagai manusia kita harus selalu siap menghadapi hal yang menimpa diri kita. Sering kita mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan. Misalnya saja dalam hubungan dengan tetangga, kita sudah berbaik hati meminjamkan barang kesayangan kita karena dia sangat memerlukan. Eh, ternyata saat dikembalikan barang tersebut menjadi cacat atau rusak. Tentu kita sangat kecewa dengan kondisi tersebut.

Di sinilah pitutur luhur mengajarkan agar kita bersikap legawa dan menerima dengan ikhlas apa yang telah terjadi. Tidak perlu menyesali karena semuanya sudah berlalu.

Arti dalam bahasa Jawa

Aja Getunan tegese aja gampang getun marang samubarang kang ora bisa digayuh utawa diwujudake. Minangka manungsa, kita kudu tansah siyaga ngadhepi apa wae sing kedadeyan. Asring kita ngalami perkara sing ora dikarepake. Contone, ing hubungan kita karo tanggane, kita cukup apikan kanggo nyilih barang sing disenengi amarga dheweke pancen butuh. Eh, jebule nalika dibalekake barange rusak utawa rusak. Mesthine kita kuciwa banget karo kahanan iki.

Wonten ing ngriku pitutur ingkang minulya ngajaraken supados kita lega saha nampi kanthi ikhlas punapa ingkang sampun kalampahan. Ora perlu getun amarga kabeh wis rampung.

BACA JUGA  Aja Gumunan, Segala Sesuatu Mungkin Terjadi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...

Aja Getunan artinya jangan mudah menyesali terhadap sesuatu yang yang tidak dapat diperoleh atau diwujudkan