Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Aja Golek Menange Dhewe

Aja Golek Menange Dhewe

Aja Golek Menange Dhewe artinya jangan mencari menang sendiri, jangan merasa paling benar dan harus menang. Dalam musyawarah, sikap seperti ini sangat tidak dibenarkan. Apabila dalam musyawarah ada orang yang bersikap mau menang sendiri, semuanya pasti tidak akan jalan. Orang yang mau menang sendiri, biasanya sering terlibat dalam perdebatan yang tidak ada ujung pangkalnya.

Pitutur luhur ini menyiratkan agar kita memiliki sikap terbuka dan objektif. Kita harus mau menerima kelebihan pendapat orang lain. Kesadaran dan pengakuan bahwa pendapat kita mungkin saja memiliki kekurangan adalah sikap yang sangat terpuji.

Arti dalam bahasa Jawa

Aja Golek Menange Dhewe tegese ojo dumeh menang dhewe, ojo nganggep bener lan kudu menang. Ing musyawarah, sikap kaya iki ora bener. Yen ing musyawarah ana wong sing gelem menang dhewe, kabeh mesthi ora bisa. Wong sing pengin menang dhewe, biasane asring melu debat tanpa wates.

Pitutur luhur menika nedahaken bilih kita gadhah sikap terbuka saha objektif. Kita kudu gelem nampa kaluwihan saka panemune wong liya. Kesadaran lan ngakoni manawa panemu kita duwe cacat minangka sikap sing apik banget.

BACA JUGA  Aja Gumunan, Segala Sesuatu Mungkin Terjadi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...

Aja Golek Menange Dhewe artinya jangan mencari menang sendiri, jangan merasa paling benar dan harus menang