Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ajak Pesantren Pertahankan Nilai Pancasila

OGAN ILIR, Jowonews.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Marwan Jafar menegaskan, Pancasila adalah dasar negara bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk warga pesantren.

Dalam kunjungannya di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiyah Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan, Kamis (2/6), ia mengajak seluruh warga pesantren untuk ikut serta mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila.

“Pesantren-pesantren di Indonesia juga sudah secara sah dan meyakinkan ikut serta mengembangkan nilai-nilai Pancasila, bukan nilai-nilai yang lain. Landasan kita adalah Pancasila, tidak ada paham yang lain. Apalagi kemarin (1/6) sudah diperingati hari Lahir Pancasila. Pemerintah sudah mengeluarkan Kepres (Keputusan Presiden) bahwa 1 Juni adalah hari lahirnya pancasila, dan hari libur nasional,” ujarnya.

Menteri Marwan mengatakan, keberadaan pesantren di Indonesia telah terbukti mampu membentengi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kehadiran pesantren juga berhasil menciptakan kedamaian dan ketenangan negara, dibandingkan dengan Negara di Timur Tengah yang rawan terjadi perang.

“Bahwa pesantren juga selalu mengakomodasi dengan keadaan-keadaan yang terus berkembang, saya yakin seyakin-yakinnya itu. Tetapi yang lebih penting bahwa pesantren juga tidak lupa dengan misi dasarnya, tidak lupa dengan asas dasar, dan tidak lupa dengan ajaran-ajaran dasarnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Menteri Marwan juga mengatakan, bahwa pemerintah saat ini telah berkomitmen untuk membangun Indonesia melalui desa-desa. Pemerintah dalam hal ini menjamin, bahwa program-program pemerintah termasuik dana desa, adalah program-program yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

“Dana desa yang dikucurkan pemerintah adalah upaya menggelorakan pembangunan yang beradilan. Pengucuran dana desa sebagai upaya pemerintah untuk mewujudkan baldatun tayyibatun wa rabbun ghafur, yakni negara yang makmur dan sejahtera,” terangnya.

Terkait hal tersebut, Menteri Marwan mengajak seluruh Kepala Desa (Kades) khususnya di lingkungan Kabupaten Ogan Ilir, agar dapat menggunakan dana desa dengan sebaik-baiknya.

“Dana desa kalau berhasil digunakan dengan sebaik-baiknya oleh para Kades, masyarakat desa ikut sejahtera. Ketika ekonomi desa meningkat, maka Kadesnya mendapat keberkahan di sisi Allah SWT. Mari Kita Gunakan dana desa untuk mewujudkan Indonesia yang baldatun tayyibatun wa rabbun ghafur,” ujarnya.

BACA JUGA  CSIS: Bangun Desa, Pemerintah Jokowi Lunasi Hutang Sejarah

Pada kesempatan itu, Menteri Marwan juga blusukan ke Desa Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir. Ditemani Kepala Desa Pulau Semambu, Suparmin, ia menegaskan bahwa Pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa), maupun laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran Dana Desa (DD) cukup dua lembar saja.

“Jadi RPJMDesa itu bisa dua lembar. Programnya-lah. Kalau laporannya, cash flow saja. Tidak usah terlalu tebal, biar lebih mudah untuk membuat dan memahami,” ucap Marwan.

Marwan juga menegaskan bahwa pemanfaatan DD lebih baik memanfaatkan tenaga lokal, atau bersifat padat karya. Ini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi desa setempat. Misalnya untuk peningkatan kerja dan ekonomi masyarakat setempat.

“Misalnya jalan desa, bisa dikerjakan bersama-sama, padat karya. Tidak perlu pihak ketiga atau kontraktor untuk menggarap jalan desa. Sehingga, masyarakat desa bisa terlibat semua,” ujarnya. 

“Kan bisa dihitung, kalau pekerja itu sekian keneknya juga berapa. Jika perharinya 100, keneknya 40, kan lumayan seulan dua bulan terserap maksimal 3 bulan. jangan sampai keluar (dari desa), supaya uang itu tetap berputar di desa. Bukan kembali lagi ke kota,” lanjut Marwan.

Kades Pulau Semambu, Suparmin menjelaskan bahwa warganya senang dengan kehadiran Menteri Desa, sebab memberikan semangat untuk lebih membangun desa.

“Kami senang sekali. Karena dana desa itu telah membuat jalan desa lebih baik, sepanjang 900 meter di tiga titik. Kemudian kami memperbaiki tiga petak untuk pasar desa, serta penerangan jalan desa,” ucap Suparmin.

Pembangunan untuk jalan, penerangan serta beberapa petak pasar desa di Desa Pulau Semambu diharapkan oleh Suparmin akan meningkatkan produktivitas desa yang memiliki komoditas pertanian dan sayur mayur. Sehingga lebih memudahkan pendistribusian ke desa-desa lainnya, bahkan ke kota. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...