Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Akta Lahir Cucu Jokowi Terbit

SOLO, Jowonews.com – Akta kelahiran cucu Presiden Joko Widodo atas nama Jan Ethes Srinarendra sudah dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Dispendukcapil) Pemkot Surakarta.

Kepala Dispendukcapil Pemkot Surakarta Suwarto, mengatakan untuk pembuatan akta kelahiran cucu Presiden Joko Widodo atas nama Jan Ethes Srinarendra sudah jadi sejak hari Senin (14/3). Pembuatan akte kelahiran cucu Presiden Joko Widodo telah diurus sendiri oleh keluarga. “Jadi prosesnya juga sama dengan yang lain,” ujar Suwarto di Solo, Selasa (15/3).

Ia mengatakan tidak ada perlakuan khusus apapun dalam pengurusan akte kelahiran cucu Presiden. Perlakuan diberikan sama seperti warga lainnya, yakni datang dan antre sesuai nomor antrean.

Menurutnya, selain akta kelahiran atas nama Jan Ethes Srinarendra, Dispendukcapil juga menerbitkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Insentif Anak (KIA). Akte kelahiran Jan Ethes maupun KK dan KIA diterbitkan bersamaan karena Dispendukcapil telah menerapkan pola pelayanan terpadu. “Sehingga ketika pemohon mengajukan akta kelahiran, maka sekaligus diterbitkan KK maupun KIA,” katanya.

Sesuai Undang Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, Suwarta menjelaskan pengurusan dokumen kependudukan dijamin gratis asal tidak terlambat pelaporannya.

Menurutnya, seperti akta kelahiran batasan maksimal pengurusan 60 hari setelah lahir, dan akta kematian 30 hari. Nilai denda akan diterapkan jika pengurusan administrasi kependudukan melebihi batasan waktu yang ditetapkan.

Nilai denda, kata dia, bervariasi sesuai waktu keterlambatannya, jika terlambat sampai satu tahun maka dikenakan Rp15.000, satu tahun hingga lima tahun dikenakan Rp50.000. Sedangkan di atas lima tahun kena denda Rp1 juta.

“Dulu, pengurusan akta kelahiran jika terlambat satu tahun harus melalui sidang pengadilan. Namun kini tidak perlu lagi dan cukup digantikan keputusan kepala Dispendukcapil,” tambahnya. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...