Jowonews

Logo Jowonews Brown

Aktivitas Warga Tetap Wajar Meski Merapi Sering Keluarkan Lava Pijar

BOYOLALI, Jowonews.com – Meskipun Gunung Merapi yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta sering mengeluarkan lava pijar mengarah ke Kali Gendol, masyarakat setempat tetap beraktivitas seperti hari biasa, sedangkan kondisi kawasan itu masih aman.

“Luncuran lava pijar dari puncak Merapi sering terjadi, tetapi aktivitas vulkanik sejauh ini masih lemah dan masih aman,” kata Kepala Seksi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Agus Budi Santoso, di Pos Pengamatan Gunung Merapi di Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Rabu.

Ia mengatakan aktivitas Merapi sudah memasuki fase pembentukan awan panas dan guguran lava dengan intensitas rendah sehingga tidak membahayakan masyarakat yang bermukim di lereng gunung itu.

“Masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa di ladangnya. Mereka menikmati aktivitas Merapi seperti biasa,” kata dia.

Menurut Agus, guguran lava pijar dari puncak Gunung Merapi sudah terjadi sejak 29 Januari 2019 hingga sekarang. Fase aktivitas efusif itu, terhitung cukup panjang karena sudah hampir satu bulan terakhir ini.

Aktivitas Gunung Merapi, katanya, hingga saat ini tidak sampai mengancam keselamatan warga setempat, sedangkan BPPTKG merekomendasikan jarak bahaya dalam radius tiga kilometer dari puncak.

Ia mengatakan aktivitas Merapi sejauh ini masih tergolong lemah, terbukti dari data pemantauan yang masih minim.

Jumlah material baru di puncak Merapi hingga saat ini diperkirakan 461.000 meter kubik. Sebagian material yang keluar dari puncak gunung itu, langsung meluncur menjadi awan panas sehingga menumpuk di bawah.

“Merapi selama aktivitasnya masih kecil, tidak masalah, dan kita cukup menikmati dari jarak aman,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau warga tetap waspada terhadap aktivitas Merapi. Mereka diminta tidak perlu terlalu khawatir terhadap aktivitas gunung itu.

BACA JUGA  Kebakaran Hutan di Kawasan Gunung Merapi Berhasil Dipadamkan

Pihaknya juga merekomendasikan penutupan jalur pendakian Merapi untuk sementara waktu.

Ia menyebut masyarakat sekarang sudah tahu soal aktivitas Merapi.

Dia mengatakan kunjungannya ke Pos Pengamatan Gunung Merapi di Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali itu, untuk pemeliharaan alat pemantau Gunung Merapi agar tetap bekerja dengan baik dan akurat. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...