Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Anak Buah Hendi di PSDA Dihukum 14 Bulan

SEMARANG, Jowonews.com – Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Energi Sumber Daya Mineral Kota Semarang Nugroho Joko Purwanto dijatuhi hukuman 14 bulan penjara dalam kasus dugaan korupsi pembangunan kolam retensi Muktiharjo Kidul di Ibu Kota Jawa Tengah tersebut.

Putusan yang dibacakan Hakim Ketua Gatot Susanto dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, Kamis, lebih ringan dari tuntutan jaksa selama 1,5 tahun penjara.

Selain hukuman penjara, terdakwa juga dijatuhi hukuman denda sebesar Rp50 juta yang jika tidak dibayarkan maka akan diganti dengan kurungan selama dua bulan.

Menurut dia, terdakwa terbukti bersalah melanggar Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Ia menilai dalam proyek yang dibiayai APBD Kota Semarang tersebut telah terjadi penyimpangan kualitas dan kuantitas pekerjaan.

Akibatnya, negara dirugikan sebesar Rp4,6 miliar akibat tindak pidana tersebut.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim tidak menemukan alasan pembenar dan pemaaf yang bisa menghapuskan pidana terdakwa.

“Terdakwa sebagai kepala dinas tidak memberikan contoh yang baik terhadap bawahannya,” katanya.

Dalam putusannya, majelis hakim tidak menjatuhkan hukuman tanbahan berupa pengembalian uang pengganti kerugian negara karena terdakwa dinilai tidak menikmati sepeser pun.

Atas putusan tersebut, terdakwa langsung menyatakan menerima, sementara jaksa masih menyatakan pikir-pikir. (jn01/jn03)

BACA JUGA  Kepala PSDA-ESDM Semarang Batal Divonis

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...