Jowonews

Logo Jowonews Brown

Angkat Tema Cegah Stunting, Bidang IKP Juarai Lomba Merangkai Sayur dan Buah Tanpa Sayat

Lomba Merangkai Sayur dan Buah Tanpa Sayat

SEMARANG – Peringatan Hari Ibu di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Tengah berlangsung meriah, dengan diadakannya lomba merangkai sayur dan buah lokal tanpa sayat, di Ruang Rapat Lantai IV, Kamis (22/12/2022). Jika biasanya pada hiasan tumpeng, buah atau sayur bisa dipotong-potong menjadi bentuk yang menarik, tapi untuk lomba kali ini, buah dan sayuran tidak boleh dipotong maupun diiris.

Peserta lomba adalah pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Diskominfo, di mana masing-masing bidang diwakili dua orang. Dengan modal buah dan sayur seharga Rp100 ribu dan waktu 45 menit, mereka dituntut berkreasi sebaik mungkin.

Tidak lengkap jika lomba tidak dimeriahkan oleh suporter. Masing-masing suporter saling mengganggu, yang tujuannya mengganggu konsentrasi dan menurunkan mental peserta.

“Bidang IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) ini tidak ada suporter karena pada tugas. Jadi, gangguannya paling banyak. Timun kecil saja dikomentari. Pokoknya, mesti tahan mental,” ungkap Dyah Widiastuti, peserta dari Bidang IKP.

Beruntung, tim yang digawanginya bersama Ny Agung Hariyadi, berhasil menjadi Juara I. Karya mereka dinilai paling unggul karena komposisi buah dan sayur yang beragam dengan aneka warna, serta tampak bersih.



“Kami juga menampilkan tema, buah dan sayur untuk cegah stunting. Jadi, sekaligus sosialisasi pencegahan stunting,” beber Dyah.

Peserta lomba lainnya, Hanifah, mengaku senang dapat berpartisipasi. Apalagi, lomba kali ini cukup menantang, karena diperlukan kreativitas dan kebersamaan untuk bisa merangkai buah dan sayur dalam waktu yang terhitung singkat.

“Lomba ini sebenarnya mudah namun waktu yang disediakan cukup terbatas. Kebetulan saya membuat rangkaian berbentuk bucket jadi waktunya kurang,” ungkapnya.

Ketua DWP Jateng Susi Hermoyo mengatakan, lomba merangkai buah dan sayur tanpa sayat digelar tak sekadar memeriahkan Hari Ibu. Lebih dari itu, juga memupuk kebersamaan dan mendorong kreativitas para pengurus dan anggota DWP.

BACA JUGA  Ribuan Warga Antri Nasi Jangkrik Buka Luwur Sunan Kudus

Menurutnya, kriteria penilaian lomba berdasarkan kerapihan dan kebersihan, komposisi warna, bahan, kreativitas, dan inovasi pemilihan sayur dan buah. Berdasarkan penilaian juri, terpilih sebagai Juara I Bidang IKP, Juara II Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Juara III Bidang Statistik. Sementara, Juara Harapan I Sekretariat, Juara Harapan II Persandian dan Keamanan Informasi, serta Juara Harapan III E-Government.



Kepala Diskominfo Jateng, Riena Retnaningrum mengapresiasi aktivitas DWP yang baik dan kreatif. Seperti lomba yang kali itu digelar, karena dapat mempererat kekeluargaan di antara pengurus dan anggota DWP.

Dalam kesempatan itu, Riena kembali menekankan anggota DWP, agar terus memaksimalkan perannya, terutama membantu suami.

“Bagaimana suami berperilaku, tentu tidak terlepas dari dukungan seorang istri,” katanya.

Menurut Riena, perempuan itu hebat, bahkan kehebatannya tidak dapat diterjemahkan ke dalam kata-kata. Beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh laki-laki, ternyata bisa dilakukan oleh perempuan. Meski begitu, dia berpesan agar perempuan tidak melupakan kodratnya. 

(Diskominfo Jateng)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...