Jowonews

Logo Jowonews Brown

Angkutan Umum Diminta Perhatikan Kendaraan Jelang Puasa dan Lebaran

angkot di kudus, foto: www.jateng.tribunews.com
angkot di kudus, foto: www.jateng.tribunews.com

Semarang, Jowonews.com – Organisasi Angkutan Darat (organda) meminta pengusaha – pengusaha angkutan umum di Jawa Tengah untuk memperhatikan kendaraannya menjelang bulan puasa dan lebaran. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat memilih angkutan umum saat berlibur awal puasa ataupun mudik lebaran.

“Para pengusaha perlu menyiapkan kondisi kendaraan dan sumber daya manusianya dalam hal ini awak kendaraan” kata Ketua Organda Jawa Tengah Karsidi Budi Anggoro di Semarang pada Jumat, (12/06).
Dalam hal kondisi kendaraan, Karsidi meminta para awak angkutan bus untuk memeriksa kembali dokumen kendaraan seperti STNK, Surat Ijin Trayek dan SIM milik supir. Tidak luput juga pemeriksaan sejak dini terhadap kondisi mesin, rem, serta lampu kendaraan. “semua kendaraan yang beroperasi jalan umum layak jalan.
kenyamanan penumpang harus menjadi perhatian,”tegas Karsidi.
Selain itu, Karsidi juga meminta sopir bis yang mengkonsumsi NAPZA untuk segera di non aktifkan. Hal ini menurut Karsidi sangat berbahaya apalagi perjalanan saat arus mudik dan balik cukup padat. “Kami juga meminta para pengusaha untuk tidak menggunakan supir Pocokan yang tidak tahu medan,” tutur Karsidi.
Lebih lanjut, Karsidi mencontohkan kejadian yang terjadi di jalur tol Muktiharjo dimana karena ketidaktahuan sopir bus asal bojonegoro dengan jalan kota Semarang berdampak kepada kecelakaan fatal. “Untuk itu kami bekerja sama dengan Dishubkominfo jateng dan Dinas kesehatan untuk melakukan pencegahan dini,” ungkap Karsidi.
Nantinya Dishubkominfo akan bertugas memeriksa kondisi kendaraan agar layak jalan. Pemeriksaan ini menurut Karsidi, akan dilakukan di setiap terminal-terminal bis. “Sementara untuk Dinas Kesehatan memiliki kewenangan melakukan tes kesehatan dan tes urin para awak kendaraan” pungkas Karsidi. (JN13)
BACA JUGA  Merinding, Doa Bersama 212 Mirip Khidmat Ibadah Haji

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...