Jowonews

Logo Jowonews Brown

Anies-Sandi Dinilai Paling Berpeluang Dampingi Ahok-Djarot di Putaran Kedua

JAKARTA, Jowonews.com – Hasil rilis dari survei Survey & Polling Indonesia (SPIN) menyebut elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Syaiful Hidayat masih unggul dibanding dua pasang calon lainnya dalam Pilkada DKI Jakarta.

Dalam survey yang dilakukan 5-14 Desember 2016, Ahok-Djarot unggul sebesar 31 persen, diikuti Anies-Sandi 27 persen, terakhir Agus-Sylvi 23 persen. Sedangkan warga yang belum menentukan pilihan sebesar 19 persen.

“Dukungan kepada tiga pasangan calon yang berkompetensi di Pilkada DKI Jakarta pun masih cair sampai saat ini dan cenderung masih bisa berubah,” ujar Direktur SPIN Igor Dirgantara dalam rilis di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Dia mengakui tingkat akseptabilitas terhadap Ahok cenderung menurun. Namun, publik DKI Jakarta masih melihat Ahok sebagai figur yang paling memahami masalah DKI Jakarta dengan prosentase sebesar 73 persen, dibanding Anies 40 persen atau Agus 33 persen.”Siapa yang akan lolos Ahok, siapa yang mengikuti Ahok? ya Anies lebih layak ke babak berikutnya. Anies bisa merepresentasikan semua masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Anies disebut lebih dilihat sosok yang lebih punya perhatian terhadap warga DKI Jakarta dengan angka 57 persen dibanding Ahok yang berada di angka 52 persen, sementara Agus hanya 47 persen. Survei SPIN merilis Anies lebih dianggap mewakili semua lapisan penduduk Jakarta (52 persen), ketimbang Ahok (41 persen) dan Agus (39 persen).

“Publik DKI Jakarta masih mengharapkan pemimpin yang memiliki respek, integritas, mempresentasikan semua lapisan masyarakat Jakarta, sanggup menciptakan lapangan pekerjaan dan punya kemampuan memajukan pendidikan bagi warganya,” paparnya.

Selain itu, survei memperlihatkan 30 persen percaya Ahok pantas dipilih kembali sebagai gubernur. Sedangkan 55 persen menginginkan sosok gubernur yang baru. Menurut Igor, sosok Anies Baswedan memiliki potensi dan peluang untuk dipilih warga DKI Jakarta. “Agus Harimurti punya kesempatan yang sama layaknya Anies sekali pun minim pengalaman,” kata Igor.

Survei dilakukan dengan responden 773 menggunakan teknik multistage random sampling. Margin of error 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung dengan bantuan kuisioner. Adapun, uji kualitas dilakukan melalui spot check dengan mengambil 20 persen total sampel. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...