Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Apindo Jateng Berharap Ada Kemudahan Usaha di Tahun 2017

SEMARANG, Jowonews.com – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah berharap adanya kemudahan dari pemerintah terhadap dunia usaha di tahun 2017.

“Pada dasarnya menghadapi tahun 2017 ini kami tetap optimistis, dunia usaha akan selalu berusaha untuk bekerja lebih efisien agar daya saing tetap terjaga,” kata Ketua Apindo Jawa Tengah Frans Kongi di Semarang, Selasa.

Meski demikian, pihaknya berharap adanya dukungan dari pemerintah berupa kebijakan yang meringankan, mulai dari penurunan tarif dasar listrik hingga perpajakan.

“Kalau mengenai tarif dasar listrik sejauh ini sudah mulai baik tetapi belum signifikan. Harapan kami pemerintah bisa menurunkan lagi paling tidak antara 20-25 persen,” katanya.

Diharapkan, penurunan tarif dasar listrik ini bisa menyerupai harga gas industri yang juga sudah mulai turun. Diakuinya, biaya untuk energi industri merupakan pengeluaran tertinggi kedua setelah bahan baku.

Sedangkan mengenai perpajakan, diharapkan ke depan pemerintah mengeluarkan peraturan yang sifatnya lebih terbuka dan sederhana.

“Harapannya ada aturan baru di bidang perpajakan yang betul-betul menimbulkan kepercayaan dari pengusaha ke petugas pajak maupun sebaliknya. Jangan ada rasa saling curiga antara pengusaha dengan petugas pajak,” katanya.

Selain itu, diharapkan pula tarif pajak dapat diturunkan antara 20-30 persen dari yang berlaku saat ini.

“Dengan adanya kemudahan-kemudahan ini maka daya saing tetap terjaga karena terus terang untuk hal-hal di luar kemampuan perusahaan yang menjadi domain pemerintah, Indonesia masih kalah dengan negara-negara asing,” katanya. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...