Jowonews

Logo Jowonews Brown

APLSI Sambut Baik Rencana 11 Regulasi Sektor Ketenagalistrikan

JAKARTA, Jowonews.com – Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menyambut baik rencana Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo untuk menyederhanakan 11 regulasi di sektor ketenagalistrikan.

Ketua Harian APLSI Arthur Simatupang dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Kamis, meminta pemerintah untuk cermat melakukan deregulasi agar dapat menyasar peraturan-peraturan yang tidak kondusif bagi iklim investasi.

“Kita sambut baik. Ada niat baik pemerintah. Namun kita berharap agar regulasi-regulasi yang tidak pro terhadap investasi swasta nasional,” ujar Arthur.

Pemerintah, menurut Arthur, perlu memperkuat peran investor domestik di sektor ketenaga-listrikan dengan memberikan banyak kemudahan guna menjaga kedaulatan energi nasional. APLSI, ujar dia, masih menginventarisir regulasi-regulasi apa saja yang perlu untuk dipangkas.

“Kita masih inventarisir dan coba mengkaji,” kata dia.

Arthur juga menekankan agar deregulasi dapat mendukung “Independent Power Producer” (IPP) untuk lebih mudah dan taat azas dalam memperoleh “Power Purchase Agreement” (PPA)..

Menurut dia, regulasi ketenagalistrikan saat ini membuat investasi di sektor kelistrikan berjalan lamban dan membuat sejumlah target sulit tercapai.

“Sementara, energi listrik menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Sebelumnya Jonan mengatakan akan menyederhanakan 11 peraturan dan keputusan menteri di bidang ketenagalistrikan. Ia mengatakan, untuk peraturan yang tidak diperlukan akan langsung dihapus. Adapun, beberapa peraturan lainnya akan digabung menjadi satu.

Namun, Jonan masih enggan mengungkapkan secara spesifik aturan mana saja yang akan dihapus dan digabung.

Menurut dia, hal itu akan segera diumumkan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...