Jowonews

Logo Jowonews Brown

ARTICULARE STORYLINE MEDIA PEMBELAJARAN MODERN MASA KINI

Oleh: Feby Muhammad Zaini

Sering dengan kemajuan zaman yang semakin modern serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, guru dituntut harus mampu  merubah cara mendidik yang relevan dengan perkembangan zaman. Guru diharapkan tidak hanya mengedepankan profesionalisme saja namun juga harus mengimbangi dan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu yang dapat guru lakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi untuk membuat media pembelajaran.

Berbicara tentang media pembelajaran berbasis teknologi, banyak media yang biasa digunakan seperti proyektor,Smartphone,laptop, dll. Akibat diterapkanya pembejaran daring pada saat pandemi covid ditahun sebelumnya, siswa pada zaman sekarang sudah terbiasa memanfaatkan media pembelajaran online berbasis website atau situs belajar online yang dapat digunakan melalui gawai yang bisa dipakai dimanapun dan kapanpun dengan modal kuota internet saja , contohnya seperti Zenius, Quipper, Ruangguru, dll. Oleh karena itu guru harus kreatif merancang media pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebiasaan siswa pada zaman kini.

Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan guru untuk membuat media pembelajaran masa kini adalah “ Articulate Storyline “. Articulate storyline merupakan sebuah perangkat lunak (software) yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan konten media pembelajaran interaktif berbasis digital yang didalamnya terdapat kombinasi dari berbagai media seperti teks,gambar,animasi,audio dan video.

Articulate storyline sendiri memiliki keunggulan yaitu menjanjikan hasil presentasi yang lebih baik, kreatif, dan komprehensif. Dengan adanya dukungan fitur fitur yang mumpuni seperti timeline, gambar, karakter, dan video, maka dapat membantu membuat presentasi materi pelajaran menjadi lebih baik dan hemat waktu. Selain itu, hasil dari pembuatan media pembelajaran ini nantinya dapat dioperasikan menggunakan berbagai perangkat elektronik seperti laptop,tablet, dan smartphone.

Dengan articulate storyline guru diharapkan dapat menjawab tuntutan sebagai guru profesional di zaman sekarang yang mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung proses pembelajaran yaitu dengan menyediakan media pembelajaran yang modern dan disukai oleh siswa serta dapat membantu siswa dalam memahami materi pada pembelajaran dengan perasaan senang.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...