Jowonews

Logo Jowonews Brown

Astronot Belanda Amati GMT Di Sigi

SIGI, Jowonews.com – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ikut langsung memantau Gerhana Matahari Total (GMT) dari Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (9/3) pagi.

Jusuf Kalla bersama ibu Mufidah Jusuf Kalla, sejumlah Menteri Kabinet dan Gubernur Sulawesi Tengah tiba di lapangan sepakbola Kotapulu pukul 07.44 WITA.

Kota Palu merupakan salah satu titik pemantauan yang oleh Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika paling baik. Di lokasi ini dipasang dua alat teropong oleh BMKG dilengkapi dengan sejumlah tv monitor sehingga orang bisa memantau GMT dari layar tersebut.

Setibanya di lokasi, Jusuf Kalla langsung menuju ke alat teropong melihat posisi matahari yang mulai ditutupi bulan.

Tidak lama berselang, Jusuf Kalla kemudian mendatangi sejumlah peneliti dan ilmuan dari berbagai negara yang sejak Rabu pagi sudah berada di lokasi.

Jusuf Kalla menyempatkan diri berbincang-bincang dengan astronot asal Belanda, Andre Kuipers. Andre berasal dari lembaga astronot ESA (Europhan Space Agency).

Jusuf Kalla kemudian melaksanakan shalat gerhana bersama sejumlah jamaah dari masyarakat setempat dan para pejabat negara lainnya. Tampil sebagai juru khutbah pada kesempatan itu Komarudin Hidayat. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...