Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ayah, Dongengkan Anakmu Dengan Kisah

SEMARANG, Jowonews.com– Pada Zaman yang serba canggih ini, kegiatan mendongeng sudah tidak populer lagi di kalangan orang tua bahkan sebagian besar sudah jarang yang melakukan aktifitas mendongen kepada anak – anak mereka. Mereka lebih memilih untuk menyerahkan aktifitas mendongen kepada Televisi dan gadget.

Hal tersebut menjadi sebuah keprihatinan tersendiri bagi KH Kamal Fauzi, karena menurutnya dengan aktifitas mendongeng seorang orang tua mampu mendidik anaknya mengenai sebuah nilai. Nilai yang bisa diambil melalui sebuah hikmah dalam kisah yang dibawakan untuk sang buah hati.

“Allah menyuruh kita untuk mendidik dengan hikmah, Bil Hikmah. Tapi kita sekarang sudah jarang menceritakan hikmah untuk anak – anak kita. Padahal mendongengkan kisah itu banyak manfaatnya, terutama kita jadi punya waktu berinteraksi dengan anak,” Terang pria yang kini menjadi Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtear (PKS) Jawa Tengah, Ahad (31/07/2016).

Oleh karena hal tersebut Kamal mengajak kepada para orang tua untuk menyisihkan waktu khusus bagi anak, berinteraksi dan bercerita mengenai hikmah dalam kisah kepada anak. Mendongengkan Kisah menjadi sebuah pilihan menarik bagi anak, mengingat dengan kisah anak mampu berimajinasi dengan bebas mengenai cerita yang disampaikan.

Lebih lanjut Kamal menjelaskan bahwa dengan mendongengkan kisah sejatinya orang tua tengah membantu tumbuh kembang anak, karena akan mempertajam kemampuan bahasa anak, menumbuhkan daya imajinasi, membangkitkan minat baca dan kecerdasan emosional.

“Sekarang kalau anak kita serahkan begitu saja pada Teknologi, tanpa kita bekali terlebih dahulu mudhorotnya lebih banyak. Karena sisi sosial anak tidak terbangun, beda dengan ketika anak sering kita dongengin sebuah kisah,” kata Kamal di sela – sela acara mendongeng Halal Bi Halal PKS Jateng.

Kamal menambahkan bahwa sebenarnya banyak kisah – kisah yang bertebaran di muka bumi ini, kisah mengenai orang orang yang luar biasa seperti Rasulullah SAW, Sahabat, Ulama, Walisongo, dan pahlawan – pahlawan.

Senada dengan Kamal, Koordinator Komunitas Rumah Keluarga Indonesia Jawa Tengah Zubaedah mengatakan bahwa waktu bersama anak merupakan suatu hal yang berharga bagi anak. Disaat anak mulai mencari sosok untuk dijadikan panutan, orang tua hadir menjadi sebuah solusi.

“Ditengah sibuknya zaman, kita masih menyempatkan waktu untuk anak itu luar biasa. Bukan untuk kita saja, tetapi bagi anak itu suatu hal yang bermakna,” Kata Zubaedah.

Zubaedah menambahkan bahwa beberapa kasus kriminal yang dilakukan oleh anak dibawah umur dikarenakan anak – anak tersebut tidak memiliki waktu yang bermakna bersama orang tua mereka.

Acara Halal Bi Halal DPW PKS Jateng dihadiri oleh ratusan pengurus PKS Jateng beserta Keluarga. Dongeng dengan judul “Anak Berbibir Hitam” yang dibawakan oleh Kak Roh menjadi hiburan yang diselenggarakan dalam serangkaian acara Halal bi halal.

Kak Roh menjelaskan bahwa Anak Berbibir Hitam bercerita mengenai pertarungan antara kebaikan dengan kebathilan. Menurut Kak Roh, mendongeng merupakan sebuah keasyikan tersendiri bagi seorang anak, karena mereka bisa berselancar dalam dunia yang penuh dengan imajinasi dan keceriaan. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...