Jowonews

Logo Jowonews Brown

Badan Kehormatan Canangkan BK Award

SEMARANG, Jowonews.com – Badan Kehormatan (BK) DPRD Jawa Tengah akan mencanangkan program BK Award bagi seluruh anggota dewan Jateng, diantaranya dalam rangka memacu kedisiplinan. Hal itu disampaikan Ketua BK DPRD Jateng Bambang Hariyanto.

“Ini bagian dari mekanisme reward and punishment bagi anggota dewan, soal kedisiplinan misalnya,” kata Bambang usai menemui tamu BK DPRD Provinsi Banten, di ruang rapat pimpinan, Senin (25/4/2016)

Bambang juga melanjutkan, sebagai gambaran program BK award ini akan dibuat tahunan. “Dulu pernah ada, namun hanya 1 periode (lima tahun) sekali. Untuk panggung apresiasinya, nanti kita akan mintakan dalam paripurna terakhir untuk ada event penghargaan, bahkan nanti akan dipublis di media massa.”

Lebih lanjut mengenai kriteria penilaian dan pembobotan, ia menyatakan akan mempersiapkannya di rapat internal BK yang secara teknis akan meminta bantuan pihak konsultan. “Sebagai gambaran saja, kedisiplinan itu misalnya dari kehadiran, dan keterlibatan dalam alat kelengkapan dewan,” pungkas legislator dari PDIP itu.

Ketua BK DPRD Provinsi Banten Sri Hartati dalam kunjungannya ke Jateng ini dalam rangka menyamakan program kerja dan studi banding mengenai kondusifitas kedisiplinan. “Jateng dalam penilaian kami lebih kondusif dalam menunjang kedisiplinan dewan,” katanya.

Sekedar diketahui, tugas dari BK adalah; pertama, memantau dan mengevaluasi disiplin dan/atau kepatuhan terhadap moral, kode etik, dan/atau Tata Tertib DPRD dalam rangka menjaga martabat,  kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD. Kedua, meneliti dugaan pelanggaran yang dilakukan Anggota DPRD terhadap Tata Tertib dan/atau kode etik DPRD.

Ketiga melakukan penyidikan, verifikasi, dan klarifikasi atas pengaduan Pimpinan DPRD, Anggota DPRD, dan/atau masyarakat; dan keempat melaporkan keputusan BK atas hasil penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi sebagaimana dimaksud pada poin 3 kepada Rapat Paripurna DPRD. (jn17/jn03)

BACA JUGA  Banyak Kantor Panwaslu tak Memadahi

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...