Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Bantu Akses Permodalan, Sertifikasi Tanah UMKM Digratiskan

KEBUMEN, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Kebumen 2016 memilliki cara tersendiri dalam membantu akses permodalan bagi pelaku UMKM di daerahnya. Salah satunya dengan menyelenggarakan sertifikasi tanah gratis pada 20.000 pelaku UMKM.

Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad mengatakan, tahun ini Kebumen mendapat program sertifikasi gratis dari pemerintah pusat sebanyak 4.000 bidang. “Selain itu melalui APBD kabupaten dan APBDes kami menyelenggarakan program sertifikas gratis untuk 20.000 bidang, khususnya bagi pelaku UMKM,” katanya.

Ia mengatakan saat ini kredit usaha rakyat (KUR) tidak memakai agunan, namun dengan pinjaman terbatas. Melalui sertfikasi gratis nantinya UMKM bisa mengakses modal lebih besar. “Salah satu visi kami adalah mewujudkan koperasi dan UMKM yang berkualitas, tangguh, mandiri, dan berdaya saing tinggi sebagai penggerak perekonomian rakyat,” ujarnya.

Ia menyebutkan jumlah koperasi aktif di Kebumen terus meningkat dari 363 koperasi pada 2014 kemudian taun 2015 menjadi 416 koperasi.

Ia menuturkan saat ini Kebumen memiliki sebanyak 43.132 UMKM. “Kami dapat melayani percepatan penerbitan UMKM untuk 8.194 dan kami termasuk yang terbanyak mengeluarkan izin bagi UMKM,” katanya.

Ditambahkan, beberapa kendala UMKM di Kebumen selama ini, antara lain pelaku koperasi dan UMKM dalam menjalankan usahanya masih menggunakan cara-cara tradisional, akses permodalan yang masih kurang.
“Maka kami menyelenggarakan sertifikasi gratis agar nantinya sertifikat tanah yang dimiliki pelaku UMKM bisa digunakan untuk agunan supaya mendapatkan kredit lebih besar,” tambahnya. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...