Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Batik Wonosobo Siap Hadapi Pasar Bebas ASEAN

WONOSOBO, Jowonews.com – Perajin batik di Wonosobo siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sekarang sedang berlangsung. Batik-batik khas Wonosobo diyakini akan mamph bersaing dengan batik lainnya.

Selain meningkatkan kualitas produk batik, upaya mendongkrak citra batik motif khas Wonosobo juga terlihat saat hasil karya beberapa perajin ditampilkan sebagai pembuka pameran klaster dan pasar agropolitan Wonosobo Tahun 2016, di kawasan Gerbang Mandala Wisata Wonosobo.

Guna menunjukkan keseriusan promosi batik tersebut, pihak panitia penyelenggara mengundang para peragawati dari Bayu Ramli Exis’t Modelling untuk menampilkan beraneka corak batik kreasi pengrajin Wonosobo.

Motif batik seperti Carica Lestari dari Talunombo, Ratu Shima hingga batik kembang keli karya Yohana Wiera dan motif lainnya ditampilkan dengan indah di depan Bupati dan jajaran pejabat Pemkab Wonosobo.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyebut upaya memperkenalkan batik Wonosobo melalui ajang pameran klaster tersebut sebagai inisiatif brilian.

“Inovasi para perajin batik khas Wonosobo memang sudah semestinya diekspos agar semakin dikenal konsumen, dan melalui media pameran klaster ini saya berharap pasar bisa merespons secara positif,” katanya.

Ketua panitia penyelenggara, Siti Nurmar Asiyah mengatakan tujuan menggelar pameran untuk mempromosikan potensi daerah dan produk-produk unggulan klaster UMKM.

“Tantangan MEA harus mampu dijawab dengan upaya nyata, termasuk meningkatkan sektor riil dan eksistensi UMKM sebagai penopang utama pembangunan perekonomian kabupaten,” kata Nurmar.

Batik sebagai salah satu produk unggulan di Wonosobo menurut dia layak untuk diangkat melalui promosi secara massif.

Ia mengatakan ajang pameran klaster dan pasar agropolitan menjadi media bertemunya para pelaku UMKM dengan konsumen.

“Ada media temu ‘buyers’ yang kami tujukan untuk membuka akses pasar langsung kepada para pengusaha UMKM Wonosobo,” tambahnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...