Jowonews

Logo Jowonews Brown

Bawaslu Kabupaten Magelang : 56 TPS Masuk Kategori Sangat Rawan

MAGELANG, Jowonews.com — Sebanyak 56 tempat pemungutan suara (TPS) dari 4.331 TPS di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, masuk kategori rawan, kata Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M. Habib Shaleh.

Habib di Magelang, Selasa, menyebutkan 56 TPS tersebut tersebar di 12 kecamatan, yakni Salaman, Tempuran, Mertoyudan, Borobudur, Muntilan, Ngluwar, Dukun, Srumbung, Pakis, Ngablak, Secang, dan Tegalrejo.

Ia mengatakan pada 6-10 April 2019 pihaknya melakukan penyusunan indeks kerawanan pemilu (IKP).

“IKP ini alat deteksi dini kerawanan, kami mencoba mendeteksi apa kerawanan pemilu, kemudian dari kerawanan itu kami petakan kerawanannya apa saja lalu dicarikan solusinya,” tuturnya.

Menurut dia dari 56 TPS tersebut rawan terjadi dugaan politik uang ada 30 TPS, kemudian KPPS tidak netral ada 10 TPS, dan ada praktik penghinaan 16 TPS.

Ia menuturkan langkah-langkah sudah disiapkan dengan melakukan pencegahan, pertama berkoordinasi dengan pemangku kepentingan, kemudian sosialisasi dan komunikasi, dan melakukan patroli pengawasan.

“Dalam tiga hari terakhir kami melakukan patroli pengawasan. Kantor bawaslu sampai panwascam wajib buka 24 jam. Kami tiap malam juga keliling ke kecamatan-kecamatan, kecamatan ke desa, desa ke TPS. Jadi pengawas TPS juga wajib untuk patroli pengawasan,” ujarnya.

Ia menyampaikan langkah berikutnya adalah perekrutan SDM berkualitas, diawali perekrutan panwascam, panwasdes dan pengawas TPS.

Menurut dia selama ini juga gencar sosialisasi dengan merekrut warga antipolitik uang, membuat kampung antipolitik uang dan desa antipolitik uang.

Ia menyebutkan total ada 12 ribu keluarga yang sepakat untuk tidak menerima politik uang, sepakat untuk mengajak saudara, tetangga, dan keluaraga tidak menerima politik uang dan siap untuk melapor jika menemukan pratik politik uang.

“Hal ini merupakan strategi kami bagaimana mempersempit ruang gerak para pelaku politik uang,” tegasnya. (jwn5/ant)

BACA JUGA  PWRI Jadi Lumbung Inspirasi Kemajuan Kota Magelang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...