Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Belajar Legislasi, Mahasiswa Unnes Hadirkan Anggota DPRD Jateng

SEMARANG, Jowonews.com-Sekitar 70 aktivis mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti Sekolah Legislator Muda (SLM) yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM KM) Unnes pada Sabtu (30/4/2016). Kegiatan ini menghadirkan Ir. Muhammad Rodhi, Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah sebagai nara sumber.

SLM diadakan dengan tujuan untuk mencetak legislator-legislator muda profesional yang nantinya akan mengisi lembaga legislatif mahasiswa di tingkat jurusan fakultas, maupun universitas.

Menurut M. Budi Purwanto, Ketua DPM KM Unnes, sejalan dengan visi Unnes sebagai rumah ilmu sudah semestinya DPM KM sebagai lembaga kemahasiswaan ikut serta berkontribusi dalam mencetak kader-kader bangsa. “DPM KM akan terus berupaya mengembangkan kapasitas mahasiswa di bidang legislasi,” katanya.

Pada kesempatan ini pihaknya menghadirkan unsur legislatif pemerintahan Jateng untuk menyampaikan materi tentang fungsi dan peran lembaga legislasi dalam pemerintahan “Kita harus cari ilmu langsung dari sumbernya,” tambah mahasiwa Fakultas Hukum ini.

Kegiatan SLM ini rencana akan berjalan rutin 1 bulan sekali dengan menghadirkan tokoh-tokoh yang memiliki kompetensi di bidang legislasi. “Kita akan undang para pakar legislasi baik politisi, praktisi, maupun akademisi” tambah Budi.

Dalam pemaparannya, Rodhi mendukung diadakannya Sekolah Legislator Muda ini. Dalam paparan materinya ia menyampaikan betapa penting menyiapkan legislator muda yang memiliki kepekaan yang tinggi terhadap keadaan sosial masyarakat.

Menurut Rodhi, saat ini sangat jarang mahasiswa sekarang yang mau jadi aktivis terutama di bidang legislasi.  “Saya sangat mengapresiasi aktivis mahasiswa yang punya cita-cita menjadi legislator,” kata politisi asal solo ini. (Listy-jn21/jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...