Jowonews

Logo Jowonews Brown

Belanda Kagumi Produk IT Indonesia

FOTO 3EINDHOVEN, Jowonews.com – Publik Belanda terpukau dengan dengan kemajuan teknologi Information Technology (IT) yang diusung perusahaan-perusahaan Indonesia. Bangsa yang pernah dijajahnya selama 350 tahun ternyata mampu menampilkan teknologi canggih IT terkini di pusat inovasi teknologi tinggi bergengsi Eropa, High Tech Campus Eindhoven, Belanda, Selasa (24/3).

Dalam acara Indonesia ICT Day di Silicon Valley-nya Eropa tersebut, 12 perusahaan Indonesia benar-benar unjuk gigi. Teknologi enkripsi dan antisadap untuk perangkat mobile dan Handy talkie yang didemokan Indoguardika Cipta Kreasi (ICK) misalnya, berhasil menarik perhatian para pebisnis, akademisi dan kalangan pemerintah Belanda yang memenuhi auditorium kampus riset tersebut.

Selain itu dipresentasikan pula berbagai produk dan servis IT kualitas dunia buatan anak bangsa yang tak kalah hebatnya. Seperti teknologi online digital signature dari Bataviasoft, RFID assets dari Gulfware, smart payment system dari PME ITB, SAP Adds on dari Abyor, penetration testing dari Bandung Techno Park, cloud solution dari Qwords, LTE small cell dari Fusi, big data processing dari Solusi247, e commerce dari Suitmedia, online learning dari Zenius serta virtual reality dari Sangkuriang.

Indonesia ICT Day di Eindhoven yang dihadiri pula Wakil Kepala Perwakilan KBRI Den Haag Ibnu W. Wahyutomo ini merupakan bagian dari roadshow promosi produksi IT Indonesia di dunia internasional. Sebelumnya kegiatan yang sama dilakukan di Hamburg Jerman ,Jumat (14/3), Brussel Belgia, Senin (23/3) dan menyusul di Helsinki Finlanda, Kamis (26/3).

Delegasi Indonesia juga sempat menampilkan teknologi canggihnya di pameran IT terbesar dunia, CeBIT 2105 di Hannover Jerman, (16-20/3) kemarin. Misi dagang berbasis teknologi ini dapat terselenggara atas prakarsa Kementerian Perindustrian, Kementriaan Komunikasi dan Informasi, Kementrian Perdagangan, KBRI Brussel, KBRI Den Haag, KBRI Jerman, KJRI Hamburg, KBRI Finlandia, asosiasi Indoglobit dan Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia (IASI) Jerman.

BACA JUGA  Indonesia Mundur dari All England

Ketua Umum Indoglobit, asosiasi perusahaan IT Indonesia untuk pasar internasional, Hari Tjahyono dalam keterangan persnya di Eindhoven, Rabu (25/3) menyatakan, teknologi IT Indonesia berkualitas tinggi dan mampu bersaing di pasar global.

“Produk anak bangsa ini hanya kalah dalam urusan kemasan atau branding saja, sehingga kurang dikenal. Ketika pasar internasional melihat langsung melalui pameran dan roadshow seperti ini, banyak mitra dan calon klien yang tertarik,” ucap Hari, Kamis (26/3/2015).

Dikatakannya, kita perlu belajar dari India yang dengan segala keterbatasannya berani masuk pasar global pada tahun 80 an. Sekarang mereka telah menjadi pemain besar bersaing dengan Cina. “Sementara perusahaan asal Indonesia baru mulai aktif masuk pasar global tahun 2011. Masih jauh hasilnya jika dibandingkan dengan India. Namun saat ini mulai menuai hasil dengan sejumlah proyek dan kerjasama dengan mitra-mitra di Eropa dan Timur Tengah,” terang Hari.

Jutaan Dolar

Sementara itu, Atase Perindustrian KBRI Brussel Putu Judi Ardika menuturkan, sejumlah perjanjian kerjasama dan proyek dengan nilai total jutaan dolar telah berhasil diraih misi dagang Indonesia selama pameran dan roadshow IT kali ini.

Seperti perjanjian kerjasama teknologi enkripsi antisadap PT ICK dengan perusahaan mitra di Timur Tengah dan Eropa Barat, pen testing Bandung Techno Park dengan perusahan asal Amerika Serikat (AS), kerjasama off shore software PT Abyor dengan mitra Belanda, pengembangan produk LTE (Long Term Evolution) PT Fusi dan PME ITB dengan Prodrive Technology Belanda serta produk big data processing PT Solusi247 dengan perusahaan IRI asal AS.

“Kita dukung para pelaku usaha IT nasional untuk berkibar di pasar global. Kita dorong ekspor produk dan jasa IT karya anak bangsa ini ke pasar Eropa. Selain itu, digencarkan pula upaya pembangunan kemitraan pengembangan produk-produk teknologi tinggi,” cetus Putu.

BACA JUGA  Angklung Indonesia Tampil Di Markas Besar Unesco Paris

Menurut Putu, potensi Indonesia menjadi pelaku industri IT dunia sebenarnya sangat besar. Mengingat tersedianya modal SDM kreatif dan besarnya pasar Indonesia yang dapat digunakan sebagai basis pengembangan industri IT. Ditambah lagi faktor revolusi industri yang digerakkan IT saat ini semakin membuka kesempatan bagi setiap pengembang produk dan jasa IT turut ambil bagian dalam memenuhi kebutuhan pasar.

“Dan peluang tersebut akan lebih maksimal lagi bila ada dukungan berupa keberpihakan (affirmative action) penggunaan produksi dalam negeri dan tersedianya habitat industri IT yang mendukung kreatifitas,” pungkas Putu.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...