Jowonews

Logo Jowonews Brown

Bermain Imbang, Liverpool Lolos ke Perempat Final Liga Europa

MANCHESTER, Jowonews.com – Manchester United bermain imbang 1-1 ketika menjamu Liverpool di partai leg II babak 16 besar Liga Europa. Liverpool menyingkirkan MU dengan agregat 3-1 untuk lolos ke perempatfinal.

Dalam partai leg II babak 16 besar Liga Europa di Old Trafford, Jumat (18/3/2016) dinihari WIB, MU memimpin lebih dulu melalui tendangan penalti Anthony Martial di menit ke-32.

Di laga itu, peluang bagus pertama dalam pertandingan lahir di menit ke-18. Jesse Lingard, tak terkawal, menerima bola umpan silang di kotak penalti dan melakukan sundulan. Simon Mignolet merespons dengan menepis bola.

Setelah itu MU membuat peluang lagi. Bola sundulan Chris Smalling mengarah ke Juan Mata yang melanjutkan dengan sepakan walaupun arah bola masih menyisir tipis dari bidang sasaran.

MU kembali menekan di menit ke-21. Marcus Rashford beraksi menggiring bola menjauhi pemain lawan sebelum mengoper bola ke kiri. Marouane Fellaini membiarkan bola bergulir ke arah Anthony Martial yang pada akhirnya melepaskan tembakan yang masih melambung. Sebuah kesalahan dari Fellaini membuat bola bisa dikuasai Daniel Sturridge di area MU. Tapi usaha Sturridge menyepak bola masih dapat diblok Gullermo Varela.

Serangan balik kemudian dilancarkan MU. Tapi Rashford belum bisa memaksimalkan kesempatan, dengan Mamadou Sakho juga masih berhasil mengamankan areanya.

David De Gea membuat penyelamatan krusial di menit ke-28. Dari serangan cepat Liverpool, Philippe Coutinho menjadi penuntas serangan dengan tembakan keras tanpa bisa dihadang Daley Blind. Namun, De Gea masih bisa menepis bola lalu mengamankannya. Setelah itu tembakan dari Roberto Firmino juga dapat diantisipasi dengan tepat oleh De Gea.

Wasit menunjuk titik putih setelah Martial dijatuhkan Nathaniel Clyne di menit ke-31. Martial lalu maju mengeksekusi dan dengan tenang mengirim bola ke dalam gawang Liverpool.

Liverpool memberi ancaman serius tiga menit berselang lewat tendangan bebas setelah Sturridge dilanggar Blind di sisi kiri dari arah gawang. Sturridge mengambil tendangan bebas itu dan menyepak bola yang kemudian menghantam keras mistar gawang MU.

BACA JUGA  Salah Disiapkan Berlaga di Olimpiade Tokyo

Lima menit sebelum turun minum Liverpool mengancam lagi lewat operan-operan pendek pemainnya, dengan Jordan Henderson berada di ujung serangan. Namun, bola yang ia sepak dari depan gawang masih melambung.

MU kemudian memiliki peluang emas. Blind mengirim operan jauh yang sepertinya akan membuat bola keluar, tapi Fellaini masih mampu menjangkau dan memberi umpan balik ke depan gawang, meski finishing Marcos Rojo masih belum tepat sasaran.

Setelah itu justru Liverpool yang bersukacita tepat sebelum turun minum. Dari kiri, Coutinho menggiring bola tanpa bisa dihadang Varela dan kemudian dari sudut sempit mengirim bola melewati hadangan De Gea.

Di menit ke-51, Clyne menjatuhkan Lingard di tepi kotak penalti Liverpool untuk membuahkan tendangan bebas. Carrick mengambil, walaupun bola kirimannya masih bisa dipotong oleh James Milner.

Liverpool merancang serangan cepat melalui Sturridge tiga menit berselang. Tapi giringan bolanya terhenti dihadang Blind yang berhasil mencuri bola. Setelah itu Blind juga memotong penetrasi Clyne.

MU terus menekan dan sebuah kiriman bola dari Michael Carrick di menit ke-59 menuju ke Fellaini di kotak penalti. Bola disundul Fellaini meski arahnya masih tepat ke Mignolet.

Setelah itu Coutinho pamer aksi. Ia mengawali dengan mencuri bola dari kaki Fellaini, lalu menggiringnya melewati beberapa pemain MU, sebelum akhirnya mengoper ke Sturridge. Tapi penyelesaian akhir Sturridge kontras dengan aksi apik Coutinho sebelumnya.

Coutinho punya peluang bagus di menit ke-75 setelah menerima umpan tumit dari Emre Can yang berlari di depannya. Coutinho lantas melepaskan tembakan rendah jitu ke arah gawang MU, meski De Gea mampu mengantisipasi dengan tepat. Beberapa menit kemudian Coutinho kembali mengancam, dengan De Gea kali ini mengamankan gawang dengan cara menepis bola ke arah atas.

BACA JUGA  Liga Champion: Liverpool Tak Anggap Remeh Midtjylland

MU terus berusaha menekan tapi peluang bersih justru didapatkan Liverpool lewat Divock Origi di menit ke-90 dan injury time. Kedua peluang itu dimentahkan De Gea.

Hasil tersebut membuat Liverpool menyingkirkan MU dan melaju ke babak perempatfinal dengan agregat 3-1, setelah pada leg I lalu menang 2-0. Liverpool juga menjadi satu-satunya wakil Inggris tersisa di Liga Europa. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...