Jowonews

Blangko E-KTP Wonosobo Ludes

WONOSOBO, Jowonews.com – Persediaan blangko KTP elektronik (E-KTP) Kantor Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dalam sebulan terakhir sudah habis.

Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk, Kantor Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo, Bejo Subagyo di Wonosobo, Jumat, mengatakan habisnya stok blanko E-KTP sudah dikomunikasikan dengan Kementerian Dalam Negeri RI.

“Kemendagri sudah mengirimkan surat balasan terkait kekosongan blanko E-KTP, yang menyebutkan bahwa hingga akhir tahun ini belum akan tersedia blangko tersebut,” katanya.

Ia menuturkan isi surat dari Kemendagri terkait kekosongan blanko E-KTP karena adanya kegagalan proses lelang.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Seksi Pengolahan Data dan Informasi, Dudi Wardoyo yang mengatakan surat dari Kemendagri yang ditandatangani Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyebut bahwa kekosongan karena gagal proses lelang pengadaan delapan juta lembar blangko E-KTP.

Atas kegagalan lelang itu, katanya Kemendagri telah menginstruksikan kepada seluruh Dinas Dukcapil se-Indonesia untuk menerbitkan surat keterangan pengganti E-KTP.

Berdasarkan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri, katanya surat keterangan pengganti E-KTP berlaku selama enam bulan semenjak diterbitkan.

“Pihak Kemendagri akan secepatnya menyelesaikan proses lelang dan diupayakan pada Januari 2017 sudah bisa tersedia lagi blangko E-KTP,” katanya.

Habisnya stok blangko E-KTP di Kantor Admindukcapil Wonosobo membuat warga yang sejak pagi antre untuk mengurus KTP kebingungan.

Bagus Hermawan (33) warga Sapuran yang akan mengurus E-KTP istrinya, sempat menanyakan sampai kapan harus menunggu dicetak E-KTP.

“KTP istri saya hilang dan dari tetangga saya dapat informasi untuk cetak E-KTP masa tunggunya setengah tahun,” katanya.

Ia mengaku khawatir surat keterangan pengganti E-KTP tidak bisa diterima pihak-pihak tertentu, seperti perbankan ketika hendak mengambil tabungan atau lainnya. (jn03/ant)

Tinggalkan komentar