Jowonews

Logo Jowonews Brown

BMKG Imbau Warga Terdampak Gempa Tidak Terpancing Hoaks

JAKARTA, Jowonews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat yang terkena dampak gempa magnitudo 6.1 di Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh, untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Kami imbau masyarakat agar tetap tenang, terutama di wilayah terdampak,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Kantor BMKG Jakarta, Selasa.

Mengingat gempa masih dapat terjadi lagi, ia juga minta kepada masyarakat untuk menghindari bangunan yang telah retak atau rusak akibat gempa.

“Kalau bangunan masih utuh tidak masalah. Silakan kembali lagi ke tempat tinggal dimana rumahnya masih utuh, tidak ada kerusakan atau retakan,” tambahnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk segera memeriksa dan memastikan apakah bangunan tempat tinggal mereka mengalami kerusakan atau tidak akibat getaran gempa yang terjadi.

Ia khawatir kerusakan atau retakan bangunan akibat gempa tersebut dapat membahayakan keselamatan dan menyebabkan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Lebih lanjut, kepala BMKG tersebut juga mengimbau masyarakat agar memastikan informasi resmi yang bersumber dari BMKG dan disebarluaskan melalui kanal komunikasi resmi BMKG yang telah terferivikasi.

Beberapa kanal resmi BMKG tersebut antara lain di Instagram dan Twitter dengan alamat @infobmkg, website www.bmkg.go.id atau dapat dipantau juga di website inatews.bmkg.go.id dan di mobile apps wrs_bmkg.

“Di situ tidak menggunakan password jadi bisa langsung dibuka atau melalui mobile apps infobmkg,” katanya. (jwn5/ant)

BACA JUGA  BMKG Uji Coba Sirine Peringatan Dini Tsunami Di Cilacap

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...