Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

BMKG: Jateng Selatan Masuki Masa Pancaroba

CILACAP, Jowonews.com – Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap menyatakan bahwa wilayah Jawa Tengah bagian selatan telah memasuki masa pancaroba atau peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan.

“Dari pantauan kami, hujan mulai membasahi sejumlah wilayah di Jateng selatan seperti kota Cilacap, Majenang, Purbalingga, Purwokerto. Bahkan, di Banjarnegara sempat terjadi puting beliung,” kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Senin.

Dia memprakirakan masa pancaroba tidak lama sehingga awal musim hujan di wilayah Jateng bagian selatan akan berlangsung sesuai prakiraan, yakni antara dasarian (10 hari) pertama dan dasarian kedua November.

Kendati demikian, dia memprakirakan curah hujan selama November 2015 berada di bawah kondisi normal karena masih adanya pengaruh fenomena “El Nino”.

“Dalam kondisi normal, khususnya di kota Cilacap, curah hujan pada bulan November berkisar 400-500 milimeter per bulan. Pada November 2015 kemungkinan kurang karena masih terpengaruh ‘El Nino’ sehingga curah hujannya di bawah normal,” jelasnya.

Lebih lanjut, Teguh mengatakan jika dilihat secara kumulatif dalam sehari, intensitas hujan yang turun diprakirakan ringan hingga sedang.

Akan tetapi jika dilihat curahan dalam hitungan jam, dia memprakirakan intensitas hujan yang turun masuk kategori lebat.

“Kalau dilihat curahan dalam hitungan jam, intensitasnya lebat tapi sebentar. Namun kalau diakumulasikan masuk kategori ringan hingga sedang,” tegasnya.

Dalam hal ini, kata dia, curah hujan 50-100 milimeter per hari termasuk kategori sedang dan di atas 100 milimeter per hari termasuk lebat.

Oleh karena masih adanya pengaruh “El Nino”, lanjut dia, akumulasi hujan selama November 2015 diprakirakan di bawah normal.    (Jn16/ant)

BACA JUGA  Penjualan Saham Tol SS, Dewan Rapatkan Rencana Interpelasi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...