Jowonews

Logo Jowonews Brown

BMKG: Prakiraan Curah Hujan di Banjarnegara Turun di Bulan Mei

Banjarnegara, 04/5 (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, turun pada Mei 2020.

“Berdasarkan analisis BMKG, pada dasarian pertama bulan Mei, di wilayah kabupaten Banjarnegara diprakirakan terjadi hujan dengan kriteria yang rendah,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Senin.

Dia menjelaskan, penurunan tingkat curah hujan sudah mulai terjadi pada dasarian kedua bulan April 2020, ketika wilayah Banjarnegara umumnya mengalami hujan dengan intensitas rendah hingga menengah sekitar 21 sampai 150 milimeter.

“Kecuali sebagian kecil wilayah Karangkobar dan Wanayasa mengalami hujan dengan kriteria curah hujan tinggi yaitu 151 hingga 200 milimeter,” katanya.

Pada dasarian ketiga bulan April 2020, ia melanjutkan, wilayah Banjarnegara bagian tengah hingga utara mengalami hari tanpa hujan dengan kriteria masih ada hujan.

“Sedangkan wilayah Banjarnegara bagian Selatan mengalami hari tanpa hujan dengan kriteria sangat pendek,” katanya.

Menurut dia, wilayah Banjarnegara akan memasuki musim kemarau dan Mei. “Puncak musim kemarau diprakirakan akan terjadi sekitar bulan Agustus 2020,” katanya.

BACA JUGA  Jakarta Waspada Banjir !

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...