Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

BNN Kendal Akan Wujudkan Desa Bersih Dari Narkoba

KENDAL, Jowonews.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal melaksanakan Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba dengan melibatkan unsur pemerintah dan masyarakat, Selasa (3/3). Program dari BNNK Kendal sendiri selama ini mendorong pembentukan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) dengan tujuan peran serta masyarakat untuk ikut serta mengawasi adanya peredaran narkoba dilingkungan sekitar.

Adapun sebelumnya Kepala BNNK Kendal AKBP Sharlin Tjahaja Frimer Arie menyebut kendal tidak masuk dalam daftar daerah narkoba, namun jika melihat letak geografis Kabupaten Kendal merupakan kondisi yang strategis lantaran terdapat beberapa jalur baik laut maupun darat lantaran sebagai jalur pantura.

“Lokasi kendal ini terbilang strategis karena diapit beberapa fasilitas pendukung untuk jalur narkoba, seperti laut maupun daerah pantura, maka dari itu kami disini mengajak untuk seluruh lapisan terlibat dengan membangun desa Bersinar,” Jelas Kepala BNNK Kendal.

Sementara adanya pemanfaatan jasa transportasi dan pengiriman barang, BNN Kendal turut menggandeng pihak Kantor Pos maupun Ojek Online dengan memberikan bimbingan maupun pemahaman tentang narkoba termasuk pelayanan pengiriman yang dinilai mencurigakan, dengan tujuan pihak layanan dapat mengambil sikap. Disisi lain program Desa Bersinar BNNK Kendal turut mengambil langkah baru seperti yang berada di daerah Bali, yaitu dengan menerapkan tes narkoba bagi calon pengantin dengan tujuan menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba.

Menanggapi hal tersbut, Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur selaku pihak pemerintah menyambut baik tentang rencana BNN Kendal dalam mewujudkan Desa Bersinar terutama melibatkan tes narkoba bagi calon penganting.

“Jelas hal itu adalah torbosan bagus, dengan mewujudkan desa bersih dari narkoba tentu saja dimulai dari keluarga dan itu juga memiliki tujuan yang baik nantinya,” jelas Wakil Bupati Kendal.

BACA JUGA  Narkoba Masalah Terbesar Indonesia

Setelah acara Rakor, untuk mewujudkan Desa Bersinar BNNK Kendal akan segera melakukan Bimbingan Teknis  (Bimtek) kepada seluruh elemen penunjang diantaranya Pemerintah meliputi Camat, Paguyuban Lurah, TNI dan Polri, Swasta meliputi jasa pengiriman, transportasi konvensional dan transportasi online, termasuk dunia pendidikan. (jwn5/akh)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...