Jowonews

Logo Jowonews Brown

BPPT: Indonesia Harus Manfaatkan Listrik Tenaga Surya

JAKARTA, Jowonews.com –– Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merekomendasikan Indonesia agar menggunakan listrik tenaga surya untuk menjadi sumber daya listrik utama. “Indonesia sebagai negara yang beriklim tropis harus memanfaatkan energi surya yang saat ini tengah dikembangkan oleh berbagai pihak,” ujar Deputi Bidang Teknologi Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT Gatot Dwianto, dalam keterangan tertulis, Rabu, 5 September 2018.

Rekomendasi tersebut disampaikan dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Penyusunan Roadmap Industri Manufaktur Komponen dan Usulan Kebijakan untuk Meningkatkan TKDN Industri Pembangkit Surya”.

Menurut Gatot, pembangunan energi di Indonesia dihadapkan dengan masalah pokok berupa kesenjangan antara potensi sumber energi (energi primer) dan konsumsi berbagai jenis energi. Contohnya, rasio antara tingkat produksi dan potensi cadangan minyak bumi besar, sedangkan rasio panas bumi pemanfaatannya lebih lama karena sifatnya sebagai energi terbarukan.

Gatot mengatakan, pemerintah Indonesia melalui berbagai kebijakan, telah mendorong tumbuhnya manufaktur komponen pembangkit tenaga surya di dalam negeri. Pemanfaatan energi surya dengan menggunakan teknologi solar photovoltaic (PV) atau sel surya, menjadi salah satu sumber sumber energi pilihan.

“Teknologi PV atau solar photovoltaic ini diharapkan mampu menjadi pilihan untuk menggantikan sumber energi primer untuk dikonversi menjadi tenaga listrik,” kata dia.

Pemanfaatan energi oleh konsumen rumah tangga, industri, dan transportasi terbilang tidak efisien. Hal itu terlihat dari perilaku pemilihan jenis energi di berbagai sektor yang belum efektif dan konsumsi energi yang konsumtif serta rendahnya tingkat efisiensi peralatan.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...