Jowonews

Logo Jowonews Brown

City Hajar Swansea 5-0

MANCHESTER, Jowonews.com – Manchester City menandai laga pertama usai menjadi juara Premier League musim ini dengan gaya. City menggunduli tim papan bawah Swansea City dengan skor 5-0. Menjamu Swansea di Etihad Stadium, Minggu (22/4/2018), City tak mendapatkan perlawanan berarti. 

City harus bersabar dalam membangun serangan. Kesabaran City berbuah manis karena tembakan pertama mereka langsung menjadi gol di menit ke-12.

Gol yang dicetak David Silva itu diawali umpan terobosan dari Kevin De Bruyne kepada Raheem Sterling. Sterling yang berada di kotak penalti kemudian mengoperkan bola kepada David Silva yang berlari dari belakang. David Silva menuntaskan aksinya dengan tembakan dari jarak dekat yang membawa City memimpin 1-0.

Hanya berselang empat menit, City memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 melalui gol Sterling. Fabian Delph bermain umpan satu-dua dengan David Silva sebelum mengirimkan umpan matang dari sisi kiri. Sterling sudah menunggu di mulut gawang dan dengan leluasa mencetak gol.

Percobaan Bernardo Silva di menit ke-31 tak menghasilkan gol ketiga City. Tembakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti bisa diantisipasi kiper Swansea, Lukasz Fabianski, dengan relatif mudah.

De Bruyne menjajal peruntungannya melalui tembakan jarak jauh dua menit kemudian. Tembakan De Bruyne ini memaksa Fabianski menjatuhkan diri untuk menepis bola.

Tak berselang lama, Fabianski kembali memperlihatkan kesigapannya di bawah mistar. Dia mementahkan tembakan Gabriel Jesus.

Meski sangat jarang menyerang, Swansea bukannya tak punya peluang. Pemain belakang Alfie Mawson melakukan aksi individu di menit-menit akhir babak pertama, tapi tembakannya dari luar kotak penalti dengan mudah diamankan oleh Ederson.

Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan City.

De Bruyne membawa City memimpin 3-0 lewat gol indahnya pada menit ke-54. Gelandang asal Belgia itu melepaskan tembakan menyilang yang begitu kencang dari luar kotak penalti untuk menggetarkan gawang Swansea. Fabianski sudah berusaha sekuat tenaga untuk menghentikannya, tapi gagal.

Mawson punya peluang untuk menipiskan ketertinggalan Swansea. Dia dengan bebas menyundul sebuah bola sepak pojok, tapi arahnya masih sedikit melambung.

Wasit memberikan penalti untuk City di menit ke-64 menyusul pelanggaran Federico Fernandez terhadap Sterling. Gabriel Jesus maju sebagai eksekutor, tapi tembakannya cuma mengenai tiang gawang. Beruntung buat City, Bernardo Silva muncul dari belakang untuk menyambar bola muntah ke dalam gawang. Skor pun berubah menjadi 4-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Nyaris terjadi gol bunuh diri lima menit kemudian ketika Mawson salah mengantisipasi bola sepak pojok City. Beruntung buat Mawson, si kulit bundar cuma kena tiang.

Gabriel Jesus gagal memaksimalkan peluang emas yang didapatnya pada menit ke-83. Dia begitu bebas ketika menyambut umpan silang Phil Foden, tapi sundulannya mengarah tepat ke pelukan Fabianski.

Tapi, Gabriel Jesus membayar kesalahannya itu dua menit sebelum berakhirnya waktu normal. Dia mencetak gol untuk memantapkan kemenangan City menjadi 5-0. Penyerang muda asal Brasil itu dengan leluasa menyundul bola hasil umpan Yaya Toure ke sudut yang tak terjangkau Fabianski.

City kini mengumpulkan 90 poin dari 34 pertandingan, unggul 16 poin atas Manchester United yang berada di posisi kedua. Swansea terpuruk di peringkat ke-17 dengan 33 poin dan hanya berjarak empat poin dari zona degradasi.

Susunan Pemain
Manchester City: Ederson; Danilo, Kompany, Laporte, Delph (Mendy 75′); Guendogan, De Bruyne (Yaya Toure 65′), David Silva; Bernardo Silva, Gabriel Jesus, Sterling (Foden 71′)

Swansea City: Fabianksi, Naughton, Van Der Hoorn, Fernandez (Bartley 67′), Mawson, Olsson (Abraham 75′), Ki (Clucas 65′), King, Carroll, A. Ayew, J. Ayew. (JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...