Jowonews

/*! elementor - v3.17.0 - 08-11-2023 */ .elementor-widget-image{text-align:center}.elementor-widget-image a{display:inline-block}.elementor-widget-image a img[src$=".svg"]{width:48px}.elementor-widget-image img{vertical-align:middle;display:inline-block} Logo Jowonews Brown

Contoh Soal dan Jawaban Menghadapi Tes Wawancara PPPK Guru

Contoh Soal dan Jawaban Menghadapi Tes Wawancara PPPK

Tahap wawancara dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru memainkan peran penting dalam menggali aspek non-kognitif peserta, seperti kejujuran, komitmen, keadilan, etika, kepatuhan, integritas, dan moralitas.

Untuk membantu Anda persiapan menghadapi tes wawancara PPPK Guru 2023, kami telah menyusun beberapa contoh soal beserta jawaban yang menarik:

Apa yang menjadi motivasi Anda untuk menjadi seorang guru?

Jawaban: Bagi saya, menjadi seorang guru adalah kesempatan langka untuk berkontribusi kepada negara dan masyarakat. Ini adalah cara saya untuk membantu mencerdaskan generasi muda Indonesia dan berpartisipasi dalam kemajuan bangsa.



Jika Anda diterima sebagai Pegawai ASN PPPK, apakah Anda bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia? Berikan alasan Anda.

Jawaban: Saya dengan tulus siap ditempatkan di mana saja di seluruh Indonesia karena saya merasa sebagai bagian integral dari masyarakat Indonesia. Saya tidak memandang perbedaan tempat kerja; yang terpenting, saya akan tetap berusaha menjalankan tugas secara profesional di mana pun saya ditempatkan.

Sebagai guru profesional, apakah Anda bersedia ditempatkan di berbagai wilayah Indonesia?

Jawaban: Saya sebagai seorang guru profesional dengan penuh dedikasi bersedia ditempatkan di berbagai wilayah Indonesia. Bagi saya, guru profesional adalah mereka yang siap mengajar dan mendidik di berbagai tempat dan kepada siapa saja demi membantu mencerdaskan generasi muda bangsa.

Apa motivasi Anda untuk mengikuti PPPK?

Jawaban: Saya ingin menjadi pegawai PPPK untuk berkontribusi kepada negara dan masyarakat. Saya berhasrat untuk terus mengembangkan kompetensi saya guna melayani masyarakat dan membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik. Selain itu, saya ingin menjadi seorang pegawai yang profesional yang dapat memberikan dampak positif.

Sebagai guru yang kompeten, jika Anda diminta menggantikan guru lain yang sakit untuk mengoordinasikan panitia kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI di sekolah, bagaimana Anda akan menanggapi permintaan tersebut?

BACA JUGA  Asesmen Projek P5 dan Pelaporan Hasil Belajar dalam Kurikulum Merdeka, Membangun Pendidikan yang Holistik dan Adaptif

Jawaban: Saya akan dengan senang hati menerima tanggung jawab mengoordinasikan dan bekerja sama dengan pihak lain yang terlibat dalam panitia untuk memastikan bahwa acara peringatan HUT Kemerdekaan RI berjalan dengan lancar sesuai rencana. Saya akan melihatnya sebagai kesempatan untuk memberikan kontribusi positif kepada sekolah dan masyarakat.

Apa pendapat Anda tentang guru dan pendidik, serta apa perbedaannya?

Jawaban: Seorang pendidik pasti adalah seorang pengajar, tetapi seorang pengajar belum tentu bisa dianggap pendidik. Seorang guru memiliki tanggung jawab ganda, yaitu mengajar dan mendidik siswa. Guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga membentuk karakter dan moralitas siswa.

Bagaimana pandangan Anda tentang guru profesional?

Jawaban: Guru profesional adalah mereka yang memiliki empat kompetensi jabatan utama, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Kompetensi pedagogik berkaitan dengan kemampuan mengelola proses pembelajaran dengan efektif. Kompetensi kepribadian mencakup sifat-sifat positif seperti kesabaran, kejujuran, dan integritas. Kompetensi profesional berkaitan dengan kemampuan dalam melaksanakan tugas keguruan. Kompetensi sosial berhubungan dengan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dengan berbagai pihak.

Apa pendapat Anda tentang keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah?

Jawaban: Saya meyakini bahwa keterlibatan masyarakat dalam pendidikan adalah hal yang positif. Masyarakat memiliki potensi yang dapat diberdayakan untuk mendukung kegiatan sekolah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Kolaborasi dengan masyarakat adalah langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan, karena melibatkan semua pemangku kepentingan.



Bagaimana Anda akan merespons jika hasil pekerjaan Anda dikritik oleh kepala sekolah?

Jawaban: Saya akan menerima kritik tersebut dengan sikap terbuka dan berusaha untuk memahami sumber kritik tersebut. Saya akan menganggap kritik sebagai peluang untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas pekerjaan saya. Tentunya, saya akan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk mencapai standar yang diharapkan.

BACA JUGA  Tips Membuat Asesmen yang Menarik, Kunci untuk Sukses dalam Pendidikan dan Karier

Apa tindakan Anda jika Anda menjadi ketua rapat dan salah satu peserta rapat menerima panggilan telepon selama rapat?

Jawaban: Selama tindakan menerima panggilan telepon tidak mengganggu jalannya rapat, saya akan membiarkannya. Namun, jika itu mengganggu jalannya rapat atau kurang sopan, saya akan menegur peserta rapat tersebut dengan baik dan meminta mereka untuk menghentikan panggilan telepon tersebut hingga rapat selesai. Selain itu, saya akan mengingatkan semua peserta untuk menjaga etika dan fokus selama rapat berlangsung.

Penting untuk menjalani wawancara PPPK Guru dengan percaya diri dan penuh persiapan. Semoga contoh soal dan jawaban di atas dapat membantu Anda dalam menghadapi tahap penting ini. Selamat mengikuti wawancara dan semoga sukses!

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...