Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Desa Bumisari Digarap Jadi Tempat Wisata Purbalingga

desa bumisari Purbalingga, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemlab) Purbalingga melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) menjajaki upaya pengembangan Desa Bumisari sebagai desa wisata.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Prayitno, penjajakan tersebut sudah dilakukan sejak awal tahun ini. Menurut dia, Desa Bumisari yang berada di Kecamatan Bojongsari memiliki sejumlah potensi seni budaya dan alam.

Dengan demikian, kata dia, Bumisari memiliki keunggulan tersendiri jika dikembangkan sebagai desa wisata.”Apalagi, saat ini tengah dirintis arena ‘grass track’ pada lahan seluas 3,5 hektare dan rencana selanjutnya akan dibuat arena ‘outbond’,” katanya, baru-baru ini.

Pihaknya akan mematangkan rencana pengembangan desa wisata di Bumisari bersama kepala desa, tokoh masyarakat, dan warga setempat. “Paling tidak kami akan membuka wawasan tentang desa wisata bagi warga calon pengelola dengan mengajak berkunjung ke desa wisata lain di Purbalingga yang sudah lebih tertata,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bumisari Susilo Wardoyo mengatakan bahwa Bumisari memiliki banyak potensi dan aset desa yang bisa dikembangkan sebagai wahan wisata. Desa Bumisari yang berada di kaki Gunung Slamet sebelah selatan memiliki hawa yang sangat sejuk. “Bumisari juga miliki sedikitnya tujuh curug (air terjun), antara lain Curug Lamuk, Cingagah, Tempuran, Penganten, dan Sawangan. Curug Penganten memiliki dua curug yang berdampingan seperti pengantin,” katanya. (JN03)

BACA JUGA  Asyiknya Menikmati Keindahan Alam Solo-Wonogiri dengan Kereta Batara Kresna

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...