Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Desa Wisata Purbalingga Wajib Miliki Medsos

PURBALINGGA, Jowonews.com – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mewajibkan seluruh desa wisata di daerah itu memiliki media sosial sebagai sarana promosi.

“Kenapa harus memiliki media sosial? Karena media tersebut merupakan panggung dan arena untuk memperkenalkan ide dan terobosan yang akan dilakukan serta promosi destinasi wisata,” kata Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga Prayitnodi Purbalingga, Selasa.

Meskipun media sosial (medsos) menjadi panggung untuk promosi, dia mengatakan bahwa kebebasan berbicara dan berekspresi di media sosial akan terkesan berkualitas jika tidak hanya diisi dengan kalimat yang indah dan retorika bagus.

Menurut dia, pengguna media sosial juga harus menciptakan ide yang cemerlang untuk mendukung terobosan pengembangan desa wisata.

“Saat ini, perkembangan TI (teknologi dan informasi) komunikasi sudah tidak terbendung. Berdasarkan riset, hampir 91 persen wisatawan menggunakan alat komunikasi seluler untuk mengetahui suatu daya tarik wisata sehingga pengelola desa wisata harus terkoneksi dengan internet,” tegasnya.

Terkait hal itu, Prayitno mengatakan bahwa Dinbudparpora Purbalingga akan menggelar pelatihan tentang pemanfaatan internet sebagai media promosi wisata bagi 60 orang pengelola desa wisata.

Dalam pelatihan yang akan dilaksanakan pada hari Rabu (27/4) dengan memanfaatkan Laboratorium Komputer Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bobotsari, kata dia, pihaknya akan melatih pengelola desa wisata membuat “website” dan blog untuk promosi wisata termasuk pemanfaatan media sosial untuk promosi wisata.

“Para pelaku desa wisata tidak saja hanya dituntut kreatif dalam menyuguhkan daya tarik wisata, tetapi juga harus pintar melakukan promosi lewat internet,” ujarnya. (jn03/ant)

BACA JUGA  Soto Bancar, Soto Unik Khas Wong Ngapak

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...