Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dewan: Longsor Jalan Tembus Gondosuli Segera Tertangani

KARANGANYAR, Jowonews.com – Tebing longsor di Jalan Tembus Tawangmangu – Sarangan tepatnya Dusun Ngledok Desa Gondosuli Kabupaten Karanganyar tidak lama akan segera tertangani. Sebagian jalan yang tertutup bebatuan longsoran itu merupakan jalan tembus menuju Kabupaten Magetan Jawa Timur.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Hadi Santoso dalam kesempatan resesnya mengunjungi daerah longsor tersebut. Ia menyatakan upaya penanggulangan longsor sudah diterapkan namun teknologinya bisa jadi tidak sesuai dengan kondisi tanahnya.

“Sebenarnya kan sudah diterapkan Geotextile, Grouting, sistem Angkur, namun ternyata tidak kuat menahan fenomena alam ini,” pungkas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siang ini, Kamis (3/3/2016).

Lebih lanjut Hadi menerangkan bahwa Gondosuli yang termasuk dalam kawasan Tawangmangu merupakan daerah prioritas infrastruktur karena masuk 2 kategori sekaligus.

“Tawangmangu kan sebagai daerah pariwisata sekaligus daerah perbatasan, jadi prioritas. Sudah masuk dalam invertarisir masalah perbatasan, segera bisa ditangani,” kata dia.

Selain itu, kata dia, Dinas Bina Marga akan mendatangkan pakar untuk melihat penyebab sekaligus teknologi penanganan yang paling tepat. “Selasa ini dari ITB Prof. Paulus akan datang langsung ke lokasi,” ujarnya.

Sementar itu Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Karanganyar Agus Suwito yang juga membidangi infrastruktur menyatakan saat ini kondisinya membuat pengguna jalan khawatir melewati jalan ini. “Pengguna jalan akan memilih jalan lain, apalagi malam hari, cukup menakutkan,” katanya.

Jalan tembus Tawangmangu menuju Sarangan baru beroperasi pada tahun 2012. Sebelumnya, jalan menuju Kabupaten Magetan ini terkenal dengan tanjakannya yang curam, sehingga jalan tembus dibuat dengan medan lebih landai namun dengan jarak yang hampir sama sepanjang 10 Kilometer. (jn17/jn03)

BACA JUGA  Terdampak Beras Mahal, Karak Dompon Disusutkan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...