Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dewan Usulkan Raperda Standarisasi Jalan

SEMARANG, Jowonews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah mengusulkan rancangan peraturan daerah tentang standarisasi jalan guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi masyarakat.

“Kebijakan untuk menjamin kondisi jalan yang baik sangat diperlukan karena pembangunan jalan yang berstandar juga dapat meningkatkan daya saing daerah,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Hadi Santoso di Semarang, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa kondisi jalan yang baik akan menjadi dasar koneksitas antardaerah yang pada akhirnya mampu meningkatkan daya saing daerah tersebut, sebaliknya kondisi jalan yang buruk akan menyebabkan hubungan dan daya saing antardaerah buruk.

Menurut dia, saat ini tercatat 2.565,621 kilometer jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Meskipun sebagian besar jalan provinsi kondisinya baik, masyarakat masih menginginkan kondisi jalan ditingkatkan agar angka kecelakaan di Jateng dapat ditekan,” ujarnya.

Berdasarkan data statistik, kata dia, jalan provinsi dengan kondisi baik sebesar 86,9 persen dalam kondisi baik, namun data tersebut masih bersifat “debatable” karena banyaknya keluhan masyarakat dan tingginya angka kecelakaan di Jateng.

“Pembangunan jalan mutlak memerlukan standar yang tidak saja sekadar membangun kondisi jalan yang baik, namun juga terciptanya ‘safety riding,” katanya.

Hadi mengharapkan raperda tentang standarisasi jalan yang telah diusulkan tersebut memuat standarisasi tentang kecepatan rencana, lebar badan jalan, kapasitas jalan, persimpangan sebidang, fasilitas berputar balik, dan perlengkapan jalan. (JN03/Ant)

BACA JUGA  Dewan Sragen Soroti Jalan Rusak

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...