Jowonews

Logo Jowonews Brown

Di Jepang, Wapres Berbagi Cara Selesaikan Konflik

TOKYO, Jowonews.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla membagikan pengalamannya menyelesaikan konflik berbasis agama yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia di depan akademisi Universitas Hiroshima Jepang.

Berdasarkan naskah pidato yang diterima Antara di Jakarta, Rabu, Wapres mengatakan bahwa konflik yang mengatasnamakan agama tersebut bukan konflik antarumat bergama, melainkan konflik yang ditunggangi kepentingan lain.

“Di Indonesia, lebih dari satu dekade lalu, saya ingat ada dua konflik antara dua kelompok agama berbeda di dua tempat. Semua orang yakin bahwa konflik itu adalah konflik agama. Faktanya, tentu, mereka bertengkar dan saling membunuh atas nama agama,” kata Wapres Jusuf Kalla dalam kuliah umum di Universitas Hiroshima Jepang, Rabu siang waktu setempat.

Menurut JK, agama memang selalu memiliki pengikut dan tidak sedikit dari pengikut tersebut yang fanatis, irasional, dan fundamentalis sehingga mudah memprovokasi pengikut irasional untuk berperang melawan orang lain.

Umumnya, pemeluk agama yang fanatis tersebut menggunakan konsep dan kepercayaan di surga untuk membela agama mereka.

“Pernah saya katakan dengan tegas bahwa konflik terjadi di banyak tempat karena surga menjadi sebuah komoditas yang mengikuti alam dan prinsip ekonomi: penawaran dan permintaan. Mereka menjual kepercayaan mereka sangat murah,” jelasnya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...