Jowonews

Logo Jowonews Brown

Dieng Dipasangi Alat Ukur Cuaca oleh BMKG

BANJARNEGARA, Jowonews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasang perangkat alat pengukur cuaca otomatis (Automatic Weather Station/AWS) di kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Pemasangan perangkat AWS di kompleks Candi Arjuna Dieng ditujukan untuk memberikan informasi cuaca dari hasil analisis parameter terukur secara cepat, tepat dan akurat, kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Kamis.

“BMKG menilai lokasi tersebut sangat strategis mengingat kawasan tersebut merupakan daerah pertanian sekaligus destinasi wisata Jawa Tengah,” katanya mengenai dasar pemilihan tempat pemasangan AWS.

Dia menjelaskan, perangkat pengukur cuaca otomatis itu akan memberikan informasi mengenai curah hujan, arah dan kecepatan angin, temperatur udara, kelembaban udara, tekanan udara, serta radiasi matahari di Dieng.

Harapannya, penyediaan informasi mengenai cuaca tersebut bisa mendukung kegiatan pertanian dan pariwisata di wilayah Dieng.

“Kami berharap pemasangan alat ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar, termasuk untuk bidang pertanian, pariwisata, dan lain sebagainya,” kata Setyoajie. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Banjir Tak Pernah Berlalu dari Jakarta

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...