Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Disensus Ekonomi, Musthofa tak Miliki Usaha di Kudus

KUDUS, Jowonews.com – Sensus Ekonomi yang dilakukan oleh Biro Pusat Statistik (BPS) telah dimulai sejak hari Minggu (1/5) lalu. Setiap keluarga tanpa terkecuali harus memberikan keterangan dengan usahanya. Termasuk Bupati Kudus H. Musthofa yang tercatat sebagai warga Desa Demaan RT 03/II, Kota Kudus, Kudus.

Bertempat di rumah dinasnya, Pak Musthofa menjawab dengan jelas pertanyaan dari petugas sensus. Bahkan dirinya memberikan apresiasi positif dari kemampuan berkomunikasi petugas sensus BPS ini. Ditanya mengenai usaha, dirinya menjawab bahwa tidak memiliki usaha di Kudus. Namun usaha yang dijalankannya ada di Semarang.

”Termasuk usaha yang dijalankan secara online juga tidak ada,” jelas Bupati kepada petugas sensus didampingi Kepala Kantor BPS Cabang Kudus.

Seusai menjawab pertanyaan, petugas lalu memberikan stiker yang berisi hasil sensus yang dilakukannya. Stiker ini kemudian dipasang oleh Pak Bupati di rumah dinasnya. Dengan keterangan usaha diisi tanda strip (–). Yang artinya tidak memiliki usaha di Kudus.

Sementara itu, Kepala Kantor BPS Cabang Kudus Endang Tri W mengatakan bahwa sensus ekonomi ini tidak terkait dengan pajak. Hasil sensus dilindungi kerahasiannya. Serta tidak dipungut biaya. Untuk itu dirinya berharap masyarakat bisa memberikan datanya secara jujur.

”Karena hasilnya ini nanti untuk perencanaan ke depan. Dan ini akan diperoleh potret kondisi ekonomi di wilayah Kabupaten Kudus,” jelasnya.

Termasuk keterangan yang disampaikan Musthofa yang telah disampaikan ini. Bahwa usahanya tidak berada di Kudus. Namun ada di Semarang. Sehingga nantinya tercatat petugas sensus BPS yang ada di Semarang.

Endang menambahkan, bahwa rumah dinas Bupati Kudus ini masuk dalam blok 11. Dengan pembagian 1 blok mencakup 80-120 rumah tangga. Rumah tangga ini bisa rumah tinggal murni maupun rumah tangga campuran. Yaitu rumah tinggal dan rumah tangga usaha.

”Bisa juga bukan rumah tangga. Seperti tempat ibadah dan gudang. Tidak disensus, namun kita gambar saja,” pungkasnya. (jn09-jn16)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...