Jowonews

Logo Jowonews Brown

DIY-Sleman Beri Beasiswa 895 Siswa Berprestasi

SLEMAN, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah memberikan beasiswa kepada 895 siswa berprestasi dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK, serta madrasah, Selasa.

Penyerahan beasiswa dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati Sleman Gatot Saptadi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sleman Arif Haryono di Sleman.
beasiswa slemanArif Haryono mengatakan sasaran pemberian beasiswa prestasi adalah siswa SD, SMP, SMA/SMK serta Madarasah dengan jenis prestasi ujian nasional, olimpiade sains, olimpiade olahraga, lomba kompetensi siswa SMK, Festival Lomba Seni Nasional atau kreativitas siswa, MTQ.

“Selain itu juga Paskibraka, Kreativitas siswa (robotik, iptek, kewirausahaan, roket air, paduan suara) dan pekan olahraga pelajar daerah,” katanya.

Ia mengatakan, besaran beasiswa tertinggi untuk tingkat internasional juara I Rp5 juta, nasional tim Rp3 juta, nasional perorangan Rp2,5 juta, tingkat DIY untuk tim juara I Rp3 juta, perseorangan Rp1 juta, untuk tingkat Kabupaten juara I tim Rp1,2 juta, perseorangan Rp600 ribu.

“Sedangkan prestasi kejuaraan tingkat kecamatan, prestasi nilai ujian sekolah siswa SD/MI juara I Rp500 ribu dan Juara II Rp450 ribu, anggota tim Paskibraka Rp1 juta dan kejuaraan liga pelajar tingkat DIY juara I sebesar Rp20 juta. Total dana yang disediakan untuk beasiswa 2015 ini mencapai Rp850 juta,” katanya.

Penjabat Bupati Sleman Gatot Saptadi mengatakan, penyerahan beasiswa ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah atas prestasi yang diberikan anak didik di berbagai bidang.

“Harapannyapemberian beasiswa ini dapat dijadikan motivasi bagi para siswa untuk meningkatkan prestasinya di masa-masa mendatang. Demikian pula bagi siswa-siswa lain dapat meniru prestasi rekan-rekannya sehingga mutu pendidikan semakin baik di tahun-tahun mendatang,” katanya.

Menurut dia, semakin banyaknya anak-anak yang berprestasi di berbagai bidang, menunjukkan bahwa generasi muda memiliki potensi besar yang tidak kalah dibanding anak-anak di daerah lain.

“Satu hal yang harus dipertahankan adalah meningkatnya jumlah prestasi dari tahun ke tahun. Tanpa pendidikan yang baik dan bermutu, tidak akan tumbuh bangsa yang cerdas sehingga tidak mungkin membangun masa depan yang lebih baik,” katanya.   (Jn16/ant)

BACA JUGA  Pemkot Pekalongan Luncurkan Pusat Kawasan Technopark Perikanan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...