Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

DPR Siapkan Pemekaran Cilacap Barat

cilacap baratSemarang, Jowonews.com – DPRD Provinsi Jawa Tengah sedang mengkaji berbagai persyaratan yang terkait dengan rencana pemekaran sepuluh kecamatan di wilayah Cilacap Barat menjadi kabupaten baru.

“Kami sedang mengkaji dokumen persyaratan, baik kajian akademis atau lainnya agar jika terjadi pemekaran bisa dilaksanakan dengan bijak tanpa ada kekerasan ataupun kekisruhan,” kata Ketua Komisi A DPRD Jateng Masruhan Samsurie di Semarang, Senin (3/8) kemarin.

Menurut dia, dilihat dari segi geografis, populasi penduduk ataupun dari segi pendapatan daerah yang sudah mencapai Rp98 miliar, wilayah Cilacap Barat dinilai layak untuk menjadi kabupaten sendiri. “Apalagi rencana pemekaran itu dilakukan untuk pembangunan yang lebih merata dan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan itu.

Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Cilacap Barat Bambang Suharto mengungkapkan bahwa tekad sepuluh kecamatan untuk memekarkan menjadi kabupaten baru sudah bulat. Sepuluh kecamatan itu adalah Deyuhluhur, Wanarejo, Mejenang, Cimanggu, Karangpucung, Gandrung Mangu, Sidarejo, Kedungrejo, Patimuwan, dan Cipari.

Ia mengungkapkan bahwa sepuluh kecamatan di Cilacap Barat yang ingin memekarkan diri itu terkesan seperti diabaikan oleh pemerintah daerah setempat, baik dari sisi pelayanan maupun pembangunan.”Hal itu dibuktikan dengan kondisi infrastruktur terutama jalan yang rusak parah dan pelayanan terhadap masyarakat yang juga tidak maksimal,” ujarnya.

Bambang menambahkan bahwa dari segi luas dan jumlah penduduk di Cilacap Barat sudah layak untuk menjadi kabupaten dan sudah menyiapkan lahan seluas 50 hektare untuk pembangunan pusat kota di selatan Jateng tersebut. (JN03)

BACA JUGA  Biaya Lelang Karo Umum Rp 200 Juta, Sangat Besar

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...