Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

DPRD Jateng Dukung Proyek Panas Bumi Ungaran

UNGARAN, Jowonews.com — Komisi D DPRD Jateng meninjau sumber energi panas bumi yang berada di kawasan Candi Gedongsongo Ungaran Kabupaten Semarang, Jumat (21/6/2019). Sumur itu didalamnya terdapat pembangunan uap untuk pembangkit listrik.

Demikian dijelaskan oleh Kepala Bidang EBT Dinas ESDM Jateng Eny Lestari, saat mendampingi rombongan dewan. “Karena keberadaan Gunung Ungaran, jadi dibutuhkan adanya tenaga panas bumi,” katanya.

Mendengar hal itu, Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri menanyakan persoalan keterkaitan wewenang tanah yang ada. “Terus, sumur tersebut tanahnya ikut Perhutani atau siapa,” tanya Politikus PDI Perjuangan itu.

Menjawabnya, Eny menjelaskan kedudukan tanah yang digunakan untuk energi panas bumi itu milik Perhutani. Selain itu, proses pengembangan energi panas bumi di Gedongsongo tersebut sudah dirintis sejak beberapa tahun yang lalu.

Namun, lanjut dia, penggarapannya sempat terkendala proses perizinan karena lokasinya yang berada di dalam kawasan lahan Perum Perhutani dan berada dekat dengan kawasan perlindungan cagar budaya yakni Candi Gedongsongo. Meski begitu, akses menuju sumur sumber energi panas bumi tersebut tidak menyatu dengan jalan menuju kawasan Candi Gedongsongo.

“PT PLN yang ditugaskan untuk pengembangan wilayah itu,” tambah Eny.

Dalam hal ini, Alwin tetap mengapresiasi soal keberadaan sumur. Karena, selain bisa membantu menjadikan energi panas bumi, sumur tersebut juga menjadi salah satu sumber mata air. (adv/udi)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...