Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

DPRD Segera Siapkan Perda Kualitas Jalan

Jalur Temanggung Kendal yang rawan longsor. (Foto : JN09)
Jalur Temanggung Kendal yang rawan longsor. (Foto : JN09)
Jalur Temanggung Kendal yang rawan longsor. (Foto : JN09)

SEMARANG, Jowonews.com—Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah tengah menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang kualitas jalan di Jateng. Hal itu sebagai tindak lanjut dan bentuk dukungan DPRD atas program yang sedang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

“Besarnya anggaran untuk jalan 2015 ada 132 paket pekerjaan perbaikan jalan, dengan anggaran 2,071 trilyun perlu diikuti dengan pembuatan aturan. Atas dasar itulah rencananya DPRD bikin perda inisiatif standart kualitas jalan Provinsi,” kata Hadi Santoso, Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng, Kamis (15/1/2015).

Seperti diketahui, program yang sedang dijalankan oleh Gubernur Ganjar Pranowo adalah Jateng tanpa Lubang di bulan Januari 2015 ini.

“Gubernur mencanangkan program Jateng tanpa lubang untuk bulan januari-pebruari ini, monggo kita bantu dan awasi, kira – kira hanya gebrakan opini saja atau bisa ada real tanpo ono jeglongan (lubang-red),” jelas Hadi.

Menurut Hadi, yang menjadi salah satu faktor banyaknya jalan rusak di Jateng, adalah standart penilaian yang kurang tepat. Hal ini berbeda dengan di dua provinsi lainnya di Jawa, yakni Jawa Timur dan Jawa Barat.

“Asal bisa jalan 30 Kilometer  keatas jalan dikatakan baik, 15-30 sedang dan dibawah 15 baru dikatakan rusak. Selain jalan baik atau halus perlu disamakan juga perlu adanya pemahaman Jalan Berkeselamatan yakni selain halus diikuti dgn adanya marka, rambu, guardrill dan lampu penerangan,” pungkas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. (JN03)

BACA JUGA  BLH Diminta Bertindak Tegas Pencemaran Sungai

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...