Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

DPS Pilkada Jateng Sebanyak 15 Juta Jiwa

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)

Semarang, Jowonews.com – Memasuki tahapan penyerahan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah menetapkan pemilih sementara untuk pilkada 9 Desember di 21 kabupaten/kota berjumlah 15.546.036 jiwa.

“Data daftar pemilih sementara (DPS) tersebut berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi DPS yang dilakukan KPU di 21 kabupaten/kota,” kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Rabu (2/9).

Ia menjelaskan bahwa jumlah DPS 21 pilkada itu terdiri dari 7.718.223 pria dan 7.827.813 perempuan, sedangkan jumlah tempat pemungutan suara yang dibutuhkan mencapai 33.838 TPS yang akan didirikan di 5.193 desa/kelurahan di 340 kecamatan. “Dari DPS tersebut, jumlah pemilih pemula sebanyak 279.014 jiwa atau 1,8 persen, sedangkan pemilih yang merupakan kalangan difabel sebanyak 25.693 jiwa atau 0,2 persen,” ujarnya.

Setelah penetapan DPS 21 pilkada ini akan dilanjutkan dengan pengumuman DPS oleh petugas pemungutan suara di masing-masing daerah pada 10-19 September 2015. “Selama pengumuman, masyarakat diimbau untuk mencermati apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pencermatan DPS itu diperlukan untuk mengetahui apakah ada data pemilih yang ganda atau yang semestinya tidak terdaftar tapi masih terdaftar. “Jika menemukan hal-hal tersebut masyarakat diminta agar melapor ke badan penyelenggara setempat atau minta bantuan RT setempat,” tutupnya. (JN03)

BACA JUGA  PKS Gelar Sosialisasi Cabup Jatimas

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...