Jowonews

Logo Jowonews Brown

Dubes AS : Jokowi-Obama Akan Perluas Kerja Sama

JAKARTA, Jowonews.com – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Blake mengatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke AS pada 25-28 Oktober dan pertemuan dengan Presiden Barack Obama, bertujuan memperkuat dan memperluas kerja sama bilateral.

“Secara keseluruhan saya bisa sampaikan, kunjungan ini akan menandai hubungan strategis yang kuat antara Indonesia dan Amerika,” ujar Dubes Blake di Jakarta, Rabu (21/10).

Blake juga menambahkan, kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat dan memperluas kerja sama kedua negara.

Dalam kunjungan kenegaraan itu, pemerintah AS menantikan penandatangan nota kesepahaman guna memperluas kerja sama kedua negara di bidang maritim (sesuai fokus pemerintahan Presiden Jokowi), energi dan pertahanan.

AS juga menantikan beberapa investasi baru dan kontrak yang akan diumumkan setelah kedatangan Jokowi, tambah Dubes Blake.

“Saya rasa kita akan melihat keyakinan dunia usaha AS dan masa depan ekonomi Indonesia dan juga keyakinan mereka terhadap program reformasi ekonomi Presiden Jokowi,” ujar Duta Besar Blake.

Sesuai rencana, Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih pada Senin (26/10).

Pertemuan kedua kepala negara ini akan berfokus untuk meningkatkan kerja sama dalam menghadapi tantangan global dan regional.

Kedua kepala negara akan membahas sejumlah isu diantaranya adalah peranan Indonesia di Asean, peranan Indonesian dalam penyelesaian masalah Laut China Selatan, Perubahan iklim dan bagaimana menghadapi kelompok ekstremis.

“Seperti yang disebutkan oleh Menlu AS John Kerry dan Menlu RI Retno bulan lalu, kunjungan ini juga ditujukan untuk meningkatkan perdagangan bilateral,” kata Blake.

Dengan reformasi ekonomi oleh Presiden Jokowi diharapkan dapat memfasilitasi peluang investasi dan perdagangan demi masa depan hubungan ekonomi kedua negara, tambah Blake.

BACA JUGA  Menpar Sebut Pariwisata akan Jadi Penyumbang Devisa Terbesar Indonesia

Seusai bertemu dengan Presiden Barack Obama, Presiden Jokowi akan berinteraksi dengan perwakilan dari dunia usaha AS dan akan menghadiri pertemuan dengan tiga badan kamar dagang di AS.

Ketiga kamar dagang yang dimaksud adalah US Chamber of Commerce, American Chamber of Commerce dan US-ASEAN Business Council.

Dalam kesempatan itu, Presiden jokowi juga akan memberikan pidato dalam jamuan makan malam di US-Asean business council.

Pada hari kedua kunjungan kenegaraannya, Selasa (27/10) Presiden Jokowi akan memberikan pidato dalam pertemuan dengan badan “think tank” AS.

“Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan di Capitol Hill (Kongres AS) kemudian akan menghadiri acara yang sudah dijadwalkan oleh KBRI (Kedutaan Besar RI) Washington,” tambah Dubes Blake.

Kemudan pada hari Rabu (28/10) Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan dengan para petinggi dan perusahaan industri teknologi (IT) di Silicon Valley.

“Kunjungan ini diurus oleh pemerintah RI, tetapi saya akan turut berpartisipasi,” ujar Dubes Robert Blake yang akan mendampingi Presiden Jokowi.   (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...