Jowonews

Logo Jowonews Brown

Duh, Makanan Berbahaya Ditemukan di Wonosobo

pasar sapuranWonosobo, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Wonosobo menemukan makanan kecil berbahaya yang beredar di pasaran karena mengandung rhodamin.

“Sedikitnya 15 jenis makanan kecil yang setelah diuji laboratorium bergerak Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo mengandung rhodamin B,” kata Kepala Bagian Perekonomian dan Ketahanan Pangan Setda Wonosobo Harti di Wonosobo, Senin (29/6) kemarin.

Ia mengatakan hal tersebut usai melakukan pemantauan pasar dalam rangka meningkatkan keamanan pangan menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah di Pasar Sapuran, Wonosobo.

Kepala UPT Instalasi Laboratorium Kesehatan dan Lingkungan Dinkes Wonosobo Sumarwati mengatakan sampel makanan kecil yang diambil dari pedangan dengan cara membeli langsung menunjukkan hasil uji positif mengandung rhodamin B. “Beberapa di antara makanan tersebut adalah rengginan, cendol warna merah muda, kuping gajah merah, lanting merah, dan manisan,” katanya.

Ia menuturkan pengujian terhadap sampel makanan tersebut sengaja langsung dilakukan agar tindak lanjut terhadap pedagang yang masih menjual makanan tersebut segera bisa dilakukan. “Kami memberi imbauan langsung kepada pedagang yang bersangkutan serta meminta membuat surat pernyataan berisi kesediaan tidak akan lagi menjualbelikan lagi makanan maupun minuman berbahaya,” katanya.

Dalam upaya menekan peredaran makanan dan minuman berbahaya di pasar tradisional, pihaknya telah melakukan beragam cara, termasuk mendatangi produsen secara langsung ke pabrik. “Temuan seperti ini hampir setiap tahun terjadi, namun memang produsen maupun pedagang sepertinya kurang memperhatikan efek terhadap kesehatan konsumen,” katanya.

Ia berharap, masyarakat bisa lebih berhati-hati ketika belanja makanan dan minuman berwarna mencolok. “Makanan mengandung rhodamin bisa diuji dengan menggunakan sinar ultraviolet seperti yang biasa digunakan untuk menguji keaslian uang,” katanya. (JN03)

BACA JUGA  Tekan Angka Pengangguran, Sandiaga Uno Bakal Luncurkan Program Rumah Siap Kerja

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...