Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Empat Kota di Jateng Raih Penghargaan Kota Cerdas 2015, Magelang Juara Pertama

lanscape magelangSemarang, Jowonews.com – Empat kota di Jawa Tengah mendapatkan penghargaan sebagai kota cerdas 2015 yang diberikan Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Keempat kota di Jateng tersebut adalah Magelang (juara I kategori kota kecil dan kota cerdas secara perekonomian), Semarang (juara V kategori kota besar), Surakarta (juara III kategori kota sedang), Magelang (juara I kategori kota kecil) dan Salatiga (juara V kategori kota kecil).

Adapun, Pemerintah memberikan penghargaan tiga kota di Indonesia sebagai kota cerdas 2015. Ketiga kota tersebut adalah Surabaya (kategori kota besar), DI Yogyakarta (kota sedang) dan Magelang (kota kecil).

Penghargaan kota cerdas sendiri adalah kerjasama Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) Kompas dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang didukung oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN).

Pemberian penghargaan kota Cerdas 2015 digelar pada Kamis (13/8) di Grand Ballroom, Shangri-La Hotel, Jakarta, yang diberikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Ketiga kota tersebut menduduki peringkat pertama untuk kategori masing-masing, yang pertama kategori kota besar berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa, kota sedang berpenduduk 200.000 jiwa hingga satu juta jiwa, dan kota kecil dengan penduduk 200.000 jiwa.

Adapun kriteria penilaian kota cerdas tersebut karena dinilai memenuhi beberapa kriteria kota cerdas yakni mampu melayani, dan memenuhi kebutuhan warganya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan. 

Selain sebagai kota cerdas kategori kota besar, Surabaya juga meraih penghargaan sebagai kota cerdas dalam kategori lingkungan. Sementara kota cerdas secara perekonomian diraih oleh Magelang, dan kota cerdas sosial adalah Madiun.

Adapun, untuk kategori kota besar, peringkat pertama didukui Surabaya, disusul Tangerang
Depok, Bandung dan Semarang. Sementara untuk kategori kota sedang peringkat pertama adalah Yogyakarta, Balikpapan, Surakarta, Pontianak dan Malang. Sementara untuk kategori kota kecil, adalah Magelang, Madiun, Bontang, Mojokerto dan Salatiga. (JN03)

BACA JUGA  Bangga, Magelang Termasuk dalam 7 Besar Investment Challenge 2023

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...